TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PENYEWAAN POHON KELAPA YANG DISADAP SEBAGAI TUAK (Studi di Desa Krawang Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan)

Sayid, Darul Arkam (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PENYEWAAN POHON KELAPA YANG DISADAP SEBAGAI TUAK (Studi di Desa Krawang Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_SAYID DARUL ARKAM_1821030380.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Sewa Menyewa adalah suatu perjanjian dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk memberikan kenikmatan suatu barang kepada pihak yang lain selama waktu tertentu, dengan pembayaran suatu harga yang disanggupi oleh pihak tersebut terakhir itu. Orang dapat menyewakan pelbagai jenis barang, baik yang tetap maupun yang bergerak. Sewa menyewa termasuk bagian yang sangat penting untuk diperhatikan secara khusus oleh syari’at Islam dari sisi karakter akadnya. Berdasarkan latar belakang terdapat beberapa rumusan masalah diantaranya adalah bagaimana praktik sewa menyewa pohon kelapa yang disadap dan dijadikan tuak di Desa Krawang Sari, dan bagaimana tinjauan hukum Islam dan hukum positif terhadap penyewaan pohon kelapa yang disadap dan dijadikan tuak di Desa Krawang Sari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik sewa menyewa pohon kelapa yang disadap dan dijadikan tuak dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan hukum Islam dan hukum positif mengenai praktik penyewaan pohon kelapa yang disadap dan dijadikan tuak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field Research), yaitu riset yang bersumber langsung di Desa Krawang Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan dengan menggunakan metode observasi yang dilakukan pada tempat penelitian, metode wawancara (interview) yang dilakukan dengan cara tanya jawab dengan responden, dan dokumentasi yang diperoleh dari buku-buku, dokumen atau arsip yang menunjang penelitian. Sedangkan pengolahan datanya dengan teknik editing terhadap data yang diperoleh, organizing yaitu menyusun data yang telah diperoleh, analizing yaitu analisis data sehingga dapat dipahami dengan baik. iii Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan akad sewa menyewa pohon kelapa yang disadap dan dijadikan tuak di Desa Krawang Sari tidak memenuhi syarat sewa menyewa yang telah ditentukan dalam hukum Islam. Karena dala pelaksanaan akad sewa menyewa tersebut, pengambilan manfaat pada pohon kelapa sebagai objek sewa menyewa digunakan untuk membuat tuak yang dilarang dalam Islam. Sehingga menjadikan akad sewa menyewa tersebut batal dan haram hukumnya dalam ketentuan hukum Islam. Serta dalam pelaksanaan sewa menyewa dalam hukum positif sewa menyewa tersebut juga dilarang, karena tidak memenuhi syarat sesuai dengan undang�undang KUHPerdata Pasal 1320 dimana tujuan dari sebuah sewa menyewa harus memenuhi unsur halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:25
Last Modified: 14 Feb 2022 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17545

Actions (login required)

View Item View Item