FUNGSI RUKUN TETANGGA DALAM PEMBANGUNAN DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Di Lingkungan Gunung Sakti Kelurahan Menggala Selatan Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang)

Imam, Agung Putra (2022) FUNGSI RUKUN TETANGGA DALAM PEMBANGUNAN DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi Kasus Di Lingkungan Gunung Sakti Kelurahan Menggala Selatan Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Imam Agung Putra.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rukun Tetangga (RT) adalah lembaga yang dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Desa atau Lurah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana fungsi rukun tetangga (RT) di Lingkungan Gunung Sakti dan bagaimana perspektif fiqh siyasah tentang fungsi rukun tentangga (RT) di dalam pembangunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research). Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan data yang bersumber dari data primer melalui wawancara dengan Ketua Rukun Tetangga (RT), Lurah dan masyarakat di Lingkungan Gunung Sakti dan data sekunder dengan menggunakan studi pustaka (library research) berupa Al-Quran, Hadist, peraturan perundang-undangan, buku-buku, Jurnal ilmiah, dan literature-literatur lain yang mendukung. Metode penelitian yang dilakukan dengan cara analisis kualitatif dengan metode berpikir dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif. Selain menggunakan metode deduktif, penelitian ini juga menggunakan metode induktif, Metode ini digunakan dalam membuat kesimpulan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan fungsi rukun tetangga (RT) dalam pembangunan perspektif fiqh siyasah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Lingkungan Gunung Sakti Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Fungsi Rukun Tetangga Di Lingkungan Gunung Sakti telah sepenuhnya sesuai dengan Peraturan Bupati Tulang Bawang Nomor 16 Tahun 2012 mengenai Fungsi Rukun Tetangga Dalam Pembangunan Desa, Rukun Tetangga sudah berperan dalam memelihara kerukunan hidup masyarakat dengan mengadakan musyawarah dalam pemecahan masalah yang ada di Lingkungan Gunung Sakti, mengkoordinasikan warga dalam segala kegiatan, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam segala aspek, baik dari segi pembangunan secara swadaya, serta pelayanan terhadap masyarakat dalam segala aspek dan lain-lainnya dengan melihat tugas pokok dan fungsi dari Rukun Tetangga (RT). Pandangan Fiqh Siyasah terhadap pelaksanaan Fungsi Rukun Tetangga dalam pembangunan di Lingkungan Gunung Sakti Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang sudah sepenuhnya dijalankan dengan baik dan sesuai dengan yang telah di tentukan dalam syariat islam yakni mengatur hubungan antar sesama warga bertanggung jawab, amanah dan juga adil dalam menjalankan tugasnya agar masyarakat Lingkungan Gunung sakti lebih baik dan sejahtera.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:20
Last Modified: 14 Feb 2022 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17544

Actions (login required)

View Item View Item