PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA DALAM PENULISAN SKRIPSI DI FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Priska, Amanda Mauliddia (2022) PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA DALAM PENULISAN SKRIPSI DI FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB 1,BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI PRISKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bagi mahasiswa idealnya menempuh pendidikan selama empat tahun. Namun pada kenyataannya mahasiswa sering kali tidak selesai sesuai waktu yang ditentukan disebabkan mahasiswa sering mengulur waktu untuk menyelesaikan studinya. Kebiasaan yang dibawa mahasiswa saat menjadi pelajar seperti ketergantungan pada orang lain dan menunda-nunda dalam mengerjakan suatu tugas, yang menjadi salah satu faktor mahasiswa yang tertinggal. Ketertinggalan yang dialami mahasiswa akan membawa dampak yang negatif terutama pada akademiknya. Mahasiswa akan lebih lama masa studinya dari batas umumnya, dan mahasiswa juga akan mendapatkan nilai yang tidak maksimal. Perilaku mahasiswa yang lebih sering menunda dalam mengerjakan tugasnya disebut prokrastinasi akademik, dan orang yang melakukan prokrastinasi disebut prokrastinator. Prokrastinasi akademik yang sering terjadi adalah saat penulisan skripsi yang sering dialami oleh para mahasiswa akhir. Cenderung mahasiswa melakukan penundaan dalam proses penulisan skripsi. Di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung skripsi menjadi tugas akhir yang wajib dilakukan atau diselesaikan mahasiswa. Waktu penyelesaian skripsi normalnya satu semester. Namun kenyataannya masih ada mahasiswa yang memerlukan waktu lebih dari satu semester untuk menyelesaikan penulisan skripsinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bimbingan yang diberikan oleh Dosen Pembimbing Akademik (PA) dalam memberikan layanan penulisan skripsi kepada mahasiswa 2) faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik mahasiswa dalam penulisan skripsi 3) langkah-langkah mahasiswa menghentikan prokrastinasi akademik dalam penulisan skripsi. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung kepada subyek yang diteliti, bersifat deskriptif, untuk mendapatkan data-data dari permasalahannya. Sumber data untuk penelitian ini di dapatkan dari beberapa narasumber di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung. Pengumpulan data dilakukan melalui iii wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa Bimbingan yang diberikan oleh Dosen Pembimbing Akademik (PA) dalam layanan bimbingan penulisan skripsi kepada mahasiswa yaitu: 1) membimbing mahasiswa baik dari akademik maupun bimbingan penulisan skripsi 2) memberikan motivasi atau wejangan 3) menyediakan jadwal layanan bimbingan. Faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik mahasiswa dalam penulisan skripsi yaitu: 1) faktor internal: kurangnya motivasi diri. 2) faktor eksternal: kurangnya motivasi dari keluarga, faktor Dosen dan faktor ekonomi. 3) problem diri: mudah bosan dan stress. Langkah-langkah mahasiswa menghentikan prokrastinasi akademik dalam penulisan skripsi yaitu: 1) mengelola diri dari segi waktu 2) menghilangkan pengalih perhatian 3) menjadi sadar ganjaran 4) melakukan tugas itu sendiri. Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa, Skripsi iv ABSTRACT Ideally, students should study for four years. However, in reality, students often do not end up in the allotted time because students often procrastinate to complete their studies. Habits that are brought by students when they are students such as dependence on others and procrastination in doing a job, which are one of the factors that students are left behind. The backwardness experienced by students will have a negative impact, especially on their academics. Students will study longer than the usual limit, and students will also get grades that are not optimal. The behavior of students who procrastinate more often in doing assignments is called academic procrastination, and people who are procrastinator are called procrastinators. Academic procrastination that often occurs is when writing a thesis which is often experienced by final students. Students tend to procrastinate in the thesis writing process. At the Faculty of Da'wah and Communication Sciences, UIN Raden Intan Lampung, the thesis is a final task that must be done or completed by students. The normal time for completing a thesis is one semester. However, in reality there are still students who need more than one semester to complete their thesis writing. This study aims to determine: 1) the guidance provided by the Academic Advisor (PA) in providing student thesis writing services 2) the factors that influence student academic procrastination in thesis writing 3) the steps students take to stop academic procrastination in thesis writing. The research method used is an approach approach, namely research conducted directly on the subject under study, descriptive, to obtain data from the problem. The data sources for this research were obtained from several sources at the Faculty of Da'wah and Communication Sciences, UIN Raden Intan Lampung. Data collection is done through interviews, observation and documentation, with data analysis techniques are data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research can be seen that the guidance provided by Academic Advisors (PA) in thesis guidance services for students, namely: 1) guiding students both from academic and thesis writing v guidance 2) providing motivation or advice 3) providing a schedule of guidance services. Factors that influence student academic procrastination in thesis writing are: 1) internal factors: lack of self�motivation. 2) external factors: lack of motivation from family, lecturer factors and economic factors. 3) self problems: easily bored and stressed. The steps for students to complete academic procrastination in thesis writing are: 1) managing themselves in terms of time 2) eliminating distractions 3) becoming aware of rewards 4) doing the task. Keywords: Academic Procrastination, Students, Thesis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Feb 2022 04:01
Last Modified: 11 Feb 2022 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17533

Actions (login required)

View Item View Item