PENDIDIKAN AKHLAK DENGAN PENDEKATAN TASAWUF DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIRUSSHOLEH

ADE, BANGUN SUGIARTO (2022) PENDIDIKAN AKHLAK DENGAN PENDEKATAN TASAWUF DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIRUSSHOLEH. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESIS ADE BANGUN SUGIARTO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan akhlak tidak terlepas dari ilmu tasawuf, tasawuf melekat untuk membimbing manusia menuju keharmonisan dan keseimbangan secara total, mengajarkan toleransi, modernisasi, hidup berdampingan secara damai dan nilai�nilai kemanusiaan. Saat melakukan observasi penulis mendapati santri-santri sangat rajin beribadah lima waktu secara berjamaah di masjid, memiliki akhlak atau sopan santun yang baik kepada guru, sesama santri dan di masyarakat, dtambah santri-santri istiqomah dalam menjalanakan amalan-amalan tasawuf yang mereka dapatkan dipondok pesantren. Oleh karenanya penulis perlu mendalami lebih jauh bagaimana pendidikan akhlak dengan pendekatan tasawuf ini sehingga berhasil membentuk santri yang berakhlakul karimah. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu kiyai, ustadz dan santri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian aktivitas dalam analisis data meliputi reduksi data, penajian data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedang uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi tekhnik. Berdasarkan hasil penelitian pendidikan akhlak dengan pendekatan tasawuf, Kiyai dan ustadz memiliki kualifikasi mumpuni dalam bidang pendidikan akhlak dengan pendekatan tasawuf. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan akhlak dengan pendekatan tasawuf dapat dikatakan sudah baik, dengan kiayi dan ustadz yang profesional, tujuan pendidikan yang sudah memeperhatikan lingkungan serta keadaan para santri, penggunaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan, metode yang digunakan sangat variatif dan penilaian yang tidak monoton. Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Pendekatan Tasawuf iv ABSTRAC Moral education is inseparable from the science of Sufism, Sufism is attached to guide humans towards total harmony and balance, teaches tolerance, modernization, peaceful coexistence and human values. When conducting observations, the author found that the students were very diligent in worshiping five times in congregation in the mosque, had good morals or manners to teachers, fellow students and in the community, plus the students were istiqomah in carrying out the practices of Sufism that they got at the Islamic boarding school. . Therefore, the author needs to explore further how moral education with this Sufism approach is so successful in forming students who have good morals. This type of research is descriptive with a qualitative approach. The sources of data in this study are clerics, ustadz and students. Data collection methods used are interviews, observation and documentation. Then the activities in data analysis include data reduction, data presentation, conclusion drawing and verification. While testing the validity of the data in this study using triangulation of sources and triangulation of techniques. Based on the results of research on moral education with a Sufism approach, Kyai and Ustadz have qualified qualifications in the field of moral education with a Sufism approach. Thus it can be concluded that moral education with the Sufism approach can be said to be good, with professional clerics and clerics, educational goals that have paid attention to the environment and the condition of the students, the use of teaching materials that are in accordance with the needs, the methods used are very varied and the assessment is not appropriate. monotonous. Keywords: Moral Education, Sufism Approach

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:38
Last Modified: 11 Feb 2022 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17530

Actions (login required)

View Item View Item