PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI LIMIT BERORIENTASI NILAI KEISLAMAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING

HAFIDZATUN, NAFI’AH (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI LIMIT BERORIENTASI NILAI KEISLAMAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI HAFIDZATUNNAFIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI LIMIT BERORIENTASI NILAI KEISLAMAN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING Oleh: Hafidzatun Nafi’ah Modul merupakan suatu paket lengkap yang terdiri dari rangkaian kegiatan belajar yang disusun secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami peserta didik agar dapat dipelajari secara mandiri. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa mahasiswa kesulitan memahami materi apabila hanya menggunakan buku cetak maka perlu adanya pengembangan bahan ajar khusus untuk membantu proses pembelajaran mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul kalkulus berorientasi nilai keislaman dan berwawasan lingkungan dengan pendekatan problem based learning.Metode penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan yang dilakukan 5 tahap yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan penyebaran angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli agama Islam. Uji coba dilakukan yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.Hasil penilaian ahli materi yang dilakukan oleh 3 orang ahli memperoleh persentase rata-rata 91,03% (sangat baik). Hasil penilaian ahli media yang dilakukan oleh 3 orang ahli memperoleh persentase rata-rata 81,40% (sangat menarik). Hasil penilaian ahli agama Islam yang dilakukan oleh 1 orang ahli memperoleh persentase 90% (sangat menarik). Hasil uji coba kemenarikan yang dilakukan oleh mahasiswa memperoleh persentase 90% sehingga dikatakan menarik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul telah layak digunakan sebagai bahan ajar yang berorientasi nilai keislaman dan berwawasan lingkungan dengan pendekatanproblem based learning. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Problem Based Learning, Limit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:01
Last Modified: 10 Feb 2022 05:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17527

Actions (login required)

View Item View Item