Praktek Perkawinan Masyarakat Adat Lampung Sebatin Dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam, Hukum Adat Dan Hukum Positif Di Indonesia (Kajian Yuridis, Sosiologis dan Ekonomis)

IDHAM, Abdul Manaf (2022) Praktek Perkawinan Masyarakat Adat Lampung Sebatin Dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam, Hukum Adat Dan Hukum Positif Di Indonesia (Kajian Yuridis, Sosiologis dan Ekonomis). PhD thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Disertasi Perpus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of PRAKTEK PERKAWINAN MASYARAKAT ADAT LAMPUNG (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkawinan merupakan salah satu babak baru dalam hidup manusia yang disebut stages a long the life cycle dengan diapreasiasi dalam bentuk perayaan yang berbeda-beda. Seperti halnya masyarakat adat Lampung Sebatin mengawali tatanan hidup baru dalam perkawinan memadukan antara adat dan hukum Islam. Perkawinan terbagi dua cara yaitu perkawinan nyakak/Jujokh dan Semanda. Tata cara adat perkawinan tersebut memiliki nilai-nilai dan norma-norma atau kaidah-kaidah. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek perkawinan dan bagaimana deskripsi kaitan hukum adat dan hukum Islam serta hukum postif di Indonesia dalam Perkawinan masyarakat masyarakat adat Lampung Sebatin Tujuan penelitian adalah memperoleh informasi tentang: pertama, Praktek tata cara perkawinan adat Lampung Sebatin, Kedua, hukum positif dan Islam dalam adat Perkawinan adat Lampung Sebatin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi hukum memfokuskan pada proses pelaksanaan perkawinan berdasarkan hukum Islam dan Hukum adat dengan tujuan yang telah ditetapkan. Data penelitian diperoleh menggunakan metode wawancara yang dilakukan terhadap obyek penelitian atau responden. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama: Praktek perkawinan adat Lampung Sebatin dalam pelaksanaannya menggunakan hukum Islam namun ada beberapa prosesi seperti pra nikah dan setelah nikah. Adat perkawinan adat Lampung Sebatin dibagi dalam dua yaitu nyakak/Jujokh dan Semanda dengan tahapan-tahapan adat sebelum, tahapan adat pelaksanaan dan tahapan adat setelah Perkawinan dan pola menetap setelah menikah. Kedua, Hukum perkawinan dalam ajaran agama Islam dengan Undang-Undang tentang perkawinan, dalam tata cara Praktek Perkawinan Masyarakat Adat Lampung Sebatin Dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam, Hukum Adat Dan Hukum Positif Di Indonesia iv perkawinan nyakak/Jujokh dan Semanda pada umumnya dapat dikatakan sudah sejalan, dalam pelaksanaannya pun sesuai dengan pijakan dan rujukan yaitu Undang-undang tentang perkawinan adalah Al-Qur’an, Al Sunnah, Qaidah Fiqhiyah dan Konsensus (Ijma) Umat Islam di Indonesia. Saran, Perkawinan adat Lampung Sebatin merupakan salah satu budaya yang haruslah dapat menyesuaikan dengan perkembangan budaya nasional maupun masyarkat Islam di Indonesia agar budaya tetap bertahan dan terpelihara. Adat perkawinan Lampung Sebatin pada pelaksanaannya agar tetap menjadi aplikasi dari teori hukum Islam yang mengandung makna bahwa perkawinan banyak tersemat dan dipertahankan oleh perkawinan adat Lampung Sebatin. Diperlukan peran dari pemuda�pemudi dan masyarakat dalam usaha merubah pola pikir remaja saat ini untuk mencintai budaya dan adat dalam pelaksanaan tradisi perkawinan masyarakat Lampung Sebatin dan diharapkan khususnya untuk para pemuda-pemudi agar terus menjaga, merawat, dan melestarikan adat perkawinan masyarakat yang menjai bagian dari hukum keluarga Indonesia. Kata Kunci : Perkawinan, Adat, Lampung Sebatin Praktek Perkawinan Masyarakat Adat Lampung Sebatin Dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam, Hukum Adat Dan Hukum Positif Di Indonesia v perkawinan nyakak/Jujokh dan Semanda pada umumnya dapat dikatakan sudah sejalan, dalam pelaksanaannya pun sesuai dengan pijakan dan rujukan yaitu Undang-undang tentang perkawinan adalah Al-Qur’an, Al Sunnah, Qaidah Fiqhiyah dan Konsensus (Ijma) Umat Islam di Indonesia. Saran, Perkawinan adat Lampung Sebatin merupakan salah satu budaya yang haruslah dapat menyesuaikan dengan perkembangan budaya nasional maupun masyarkat Islam di Indonesia agar budaya tetap bertahan dan terpelihara. Adat perkawinan Lampung Sebatin pada pelaksanaannya agar tetap menjadi aplikasi dari teori hukum Islam yang mengandung makna bahwa perkawinan banyak tersemat dan dipertahankan oleh perkawinan adat Lampung Sebatin. Diperlukan peran dari pemuda�pemudi dan masyarakat dalam usaha merubah pola pikir remaja saat ini untuk mencintai budaya dan adat dalam pelaksanaan tradisi perkawinan masyarakat Lampung Sebatin dan diharapkan khususnya untuk para pemuda-pemudi agar terus menjaga, merawat, dan melestarikan adat perkawinan masyarakat yang menjai bagian dari hukum keluarga Indonesia. Kata Kunci : Perkawinan, Adat, Lampung Sebatin ABSTRACT Marriage is one of the new chapters in human life called "stages a long the life cycle" which is appreciated in different forms of celebration. Like the indigenous people of Lampung, Sebatin started a new life order in marriage that combines adat and Islamic law. Marriage is divided into two ways, namely "nyakak/Jujokh" and "Semanda" marriages. The customary marriage procedures have values and norms or rules. The problem in this study is how the marriage practices of the Lampung Sebatin indigenous people are, how are the juridical, sociological and economic aspects of the Lampung Sebatin customary marriage practices and how are the marriage practices of the Lampung Sebatin indigenous people in the perspective of Islamic law, customary law and positive law in Indonesia. The purpose of the study was to obtain information about: first, the practice of traditional marriage procedures in Lampung Sebatin. Second, the juridical, sociological and economic aspects. Third, Islamic Law, Customary Law and Positive Law of Lampung Sebatin customary marriage. This study uses a qualitative research method with a sociological approach to law focusing on the process of implementing marriages based on Islamic law and customary law with predetermined goals. Research data obtained using the interview method conducted on the object of research or respondents. The findings of this study indicate that; First: The practice of Lampung Sebatin traditional marriage in its implementation uses Islamic law but in processions such as pre-marital and post-wedding using customary law. The traditional marriage customs of Lampung Sebatin are divided into two, namely nyakak/Jujokh and Semanda with traditional stages before, stages of customary implementation Praktek Perkawinan Masyarakat Adat Lampung Sebatin Dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam, Hukum Adat Dan Hukum Positif Di Indonesia vi and stages of customs after marriage and patterns of settling after marriage. Second, the juridical, sociological and economic aspects include legal certainty, social and economic conditions in the series of Lampung Sebatin traditional marriage processes. Third: The marriage practice of the indigenous people of Lampung Sebatin is a form of living law. When viewed from Islamic law, this is a form of customary law wealth that is accepted in Islamic law. The suggestion from this research is, the practice of Lampung Sebatin traditional marriage in terms of the procession/ritual needs to be reviewed, the practice of forced sebambangan marriage in a sociological perspective will affect the happiness of the household, on the other hand the amount of money 'jujokh', dowry and the number of traditional processions will Incurring costs that are large enough that sometimes they have to go into debt and sell existing assets. This research still needs further in-depth research, the authors realize that there are still many shortcomings and need to be explored as further research. Keywords: Marriage, Culture, Lampung Saibatin Praktek Perkawinan Masyarakat Adat Lampung Sebatin Dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam, Hukum Adat Dan Hukum Positif Di Indonesia vii and stages of customs after marriage and patterns of settling after marriage. Second, the juridical, sociological and economic aspects include legal certainty, social and economic conditions in the series of Lampung Sebatin traditional marriage processes. Third: The marriage practice of the indigenous people of Lampung Sebatin is a form of living law. When viewed from Islamic law, this is a form of customary law wealth that is accepted in Islamic law. The suggestion from this research is, the practice of Lampung Sebatin traditional marriage in terms of the procession/ritual needs to be reviewed, the practice of forced sebambangan marriage in a sociological perspective will affect the happiness of the household, on the other hand the amount of money 'jujokh', dowry and the number of traditional processions will Incurring costs that are large enough that sometimes they have to go into debt and sell existing assets. This research still needs further in-depth research, the authors realize that there are still many shortcomings and need to be explored as further research. Keywords: Marriage, Culture, Lampung Saibatin ملخص الزواج فصل جديد في حياة اإلنسان يسمى مراحل دورة حياة طويلة ،ويتم تقديرىا في شكل احتفاالت ا جدي ًدا للحياة في زواج يجمع بين العادات والشريعة ً مختلفة. مثل السكان األصليين في المبونج سباتين ، بدأوا نظام اإلسالمية. ينقسم الزواج إلى طريقتين ، وىما زواج نياكاك / جوجوخ وسماندا. إجراءات الزواج التقليدية لها قيم وأعراف أو قواعد. تكمن المشكلة في ىذا البحث في كيفية ممارسة الزواج وكيفية وصف العالقة بين القانون العرفي والشريعة اإلسالمية والقانون الوضعي في إندونيسيا في زواج مجتمع المبونج سيباتين األصلي. ً ، ممارسة إجراءات الزواج التقليدية المبونغ كان ىدف البحث الحصول على معلومات حول: أوال ً ، الشريعة اإليجابية والشريعة اإلسالمية في زواج المبونج سباتين التقليدي. تستخدم ىذه الدراسة أسلوب سباتين ، ثانيا البحث النوعي بمنهج قانوني اجتماعي يركز على عملية تطبيق الزواج على أساس الشريعة اإلسالمية والقانون العرفي مع أىداف محددة سلفا. تم الحصول على بيانات البحث باستخدام طريقة المقابلة التي أجريت على موضوع البحث أو المبحوثين. ً: ممارسة الزواج التقليدي المبونج سباتين في تطبيقو تستخدم تشير نتائج ىذه الدراسة إلى ما يلي: أوال الشريعة اإلسالمية ، ولكن ىناك عدة مواكب مثل الزوا ج قبل الزواج وبعده. تنقسم عادات زواج المبونج سباتين التقليدية إلى قسمين ، وىما نياكاك / جوجوخ وسماندا مع المراحل التقليدية السابقة ، والمراحل العرفية للتنفيذ والمراحل العرفية بعد الزواج ونمط التسوية بعد الزواج. ثانيا ي مع قانون الزواج ً ، قانون الزواج في تعاليم الدين اإلسالم ، في إجراءات الزواج من زواج اليجوخ والسماندا بشكل عام يمكن القول إنو يتماشى ، في تنفيذه يتوافق مع األساس والمرجعية ، أي قانون الزواج ىو القرآن ، السنة والقاعدة الفقيو وإجماع المسلمين في إندونيسيا. اقتراح ، زواج المبونج سباتين التقليدي ىو أحد الثقافات التي يجب أن تكون قادرة على التكيف مع تطور الثقافة الوطنية والمجتمع اإلسالمي في إندونيسيا حتى يمكن للثقافة البقاء والحفاظ عليها. من الناحية العملية ، تظل عادات زواج المبونج سباتين تطبي ي المبونغ سباتين يحافظ ًقا لنظرية الشريعة اإلسالمية التي تشير إلى أن الزواج التقليد عليو. ىناك حاجة إلى دور الشباب والمجتمع في محاولة لتغيير عقلية المراىقين اليوم ليحبوا الثقافة والعادات في تنفيذ تقليد الزواج لمجتمع المبونج سايباتين ، ومن المأمول أن يستمر الشباب بشكل خاص في الحفاظ على عادات الزواج في المجتمع الذي ىم جزء منو ورعايتو والحفاظ عليو. من قانون األسرة اإلندونيسي. الكلمات المفتاحية: زواج ، آدات ، المبونج صيباتين

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Studi Hukum Keluarga
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Feb 2022 05:47
Last Modified: 07 Feb 2022 05:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17523

Actions (login required)

View Item View Item