ANALISIS PENDAPATAN KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA PUTI MINANG GROUP)

Endang, Kurniawan (2022) ANALISIS PENDAPATAN KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA PUTI MINANG GROUP). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I & II.pdf] PDF
Download (896kB)
[thumbnail of SKRIPSI ENDANG KURNIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Pendapatan Karyawan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Puti Minang Group) Oleh Endang Kurniawan Karyawan adalah tenaga kerja yang melakukan pekerjaan dan memberikan hasil perolehan kerjanya kepada pengusaha yang memperkerjakanya, dimana hasil karyanya itu sesuai dengan profesi atau pekerjaan atas dasar keahlian sebagai mata pencaharianya. Setiap bentuk usaha dan pekerjaan karyawan perlu diapresiasi dalam bentuk pemberian upah dan bonus. Upah dan bonus ini pada umumnya digunakan oleh karyawan dalam memenuhi kebutuihan pokoknya maupun keluarganya. Tingkat pemenuhan upah dan bonus ini pada akhirnya akan menentukan tingkat kesejahteraan dari masing-masing karyawan tersebut, apakah upah tersebut dapat mencukupi kebutuhannya, atau malah sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan karyawan Puti Minang Group dan dampaknya terhadap peningkatan kesejahteraan karyawan, serta ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Adapun penelitian yang akan dilaksanakan ini merupakan penelitian yang sifatnya deskriptif kualitatif, Penelitian tentang “Analisis Pendapatan Karyawan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Puti Minang Group)”. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah pendapatan karyawan di RM Puti Minang Tanjung Senang sangat bermanfaat bagi kesejahteraan karyawan. Pendapatan yang memadai tersebut berakibat pada pemenuhan kebutuhan informan (masyarakat) atau keluarganya semakin terpenuhi baik kebutuhan primer maupun sekunder, sehingga kesejahteraan masyarakat atau keluarga diasumsikan akan semakin baik. Berdasarkan perspektif iii ekonomi Islam, sistem upah yang dilakukan, telah sesuai dengan syariat Islam yang menganjurkan agar upah yang diterima oleh pihak pekerja, sesuai dengan tenaga yang telah diberikan. Kata kunci : Pendapatan, Karyawan, Kesejahteraan,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:23
Last Modified: 03 Feb 2022 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17513

Actions (login required)

View Item View Item