PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LAB TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG

Ambarwati, Ayu (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LAB TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik yang diketahui melalui nilai peserta didik disebabkan oleh proses pembelajaran di kelas masih bersifat teoritis dan berpusat pada guru, sehingga lebih banyak terjadi komunikasi satu arah (Oneway Communication). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inquiry Lab terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA YP UNILA Bandar Lampung. Inti model pembelajaran Inquiry Lab yaitu aktivitas belajar siswa untuk memahami proses dan keterampilan berpikir layaknya ilmuan dan memahami karakteristik penelitian ilmiah.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen design dengan desain posttest-only control design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA YP UNILA Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik acak kelas, dari teknik tersebut didapat kelas X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Lab dan X MIPA 8 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Intruction yang digunakan oleh guru. Uji Hipotesis yang dipakai pada penelitian ini adalah uji statistik anava dua jalur (two ways anova), dengan taraf signifikasi 5%. Taraf signifikansi 0,05 yaitu 0,048  sehingga H1 diterima, 0,000 sehingga H1 diterima, 0,003sehingga H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Lab terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA YP UNILA Bandar Lampung, terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Lab terhadap sikap ilmiah peserta didik pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA YP UNILA Bandar Lampung, (3) terdapat pengaruh interaksi antara proses pembelajaran dengan sikap ilmiah peserta didik terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas X pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA YP UNILA Bandar Lampung. Kata kunci : Model Pembelajaran Inquiry Lab, Keterampilan Proses Sains, dan Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:53
Last Modified: 30 Oct 2017 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1751

Actions (login required)

View Item View Item