ANALISIS KEAKURATAN CAPITAL ASSET PRICING MODEL (CAPM) DAN ARBITRAGE PRICING THEORY (APT) DALAM MEMPREDIKSI RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE TAHUN 2018-2020

LUTHFI, SIRAJUDIN (2022) ANALISIS KEAKURATAN CAPITAL ASSET PRICING MODEL (CAPM) DAN ARBITRAGE PRICING THEORY (APT) DALAM MEMPREDIKSI RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE TAHUN 2018-2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LUTHFI SIRAJUDIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Didunia investasi return saham merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat investor untuk malakukan suatu investasi dalam suatu perusahaan dengan tingginya tingkat pengembalian yang diberikan oleh perusahaan kepada investor. Maka dari itu menunjukan bahwa perusahaan tersebut memiliki kinerja perusahaan yang baik, sehingga investor yakin bahwa perusahaan tersebut akan memberikan efek yang positif terhadap saham yang ditanamkan investor pada pasar modal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat perbedaan akurasi yang signifikan antara model CAPM dan APT dalam memprediksi return saham syariah di Jakarta Islamic Index (JII) ? 2) Bagaimanakah tingkat keakuratan antara CAPM dan APT dalam memprediksi return saham syariah yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) ? adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keakurasian masing-masing model dalam memprediksi return saham serta mengetahui model manakah yang paling akurat dalam memprediksi return saham di Jakarta Islamic Index (JII). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data-data harga saham perusahaan JII, return pasar JII, inflasi, kurs Rp/dollar dan suku bunga SBI. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode analisis yang digunakan untuk mengukur tigkat variabel makro ekonomi yang diharapkan adalah metode Exponential Smoothing. Tingkat keakuratan model CAPM dan APT diukur melalui nilai Mean Absolute Deviation (MAD) dan untuk mengukur perbedaan akurasi antara model CAPM dan APT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan akurasi yang signifikan antara model CAPM dan APT dalam memprediksi return saham syariah di Jakarta Islamic Index dilihat dari nilai MAD CAPM sebesar (0,0747) yang lebih kecil dari nilai MAD APT yaitu sebesar (0,1063) sehingga model CAPM lebih akurat dari model APT. Kata Kunci : Return saham syariah, JII, Capital Asset Pricing Model (CAPM), Arbitrage Pricing Theory (APT)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:50
Last Modified: 03 Feb 2022 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17507

Actions (login required)

View Item View Item