ANALISIS STRATEGI SUSTAINABILITY PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Pasar Kangkung Kecamatan Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung)

ICA, RACHMAWATI (2022) ANALISIS STRATEGI SUSTAINABILITY PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Pasar Kangkung Kecamatan Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ICA PRINT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah sektor ekonomi nasional yang paling strategis dan menyangkut hajat hidup orang banyak sehingga menjadi tulang punggung perekonomian Nasional. Namun pada sekitaran awal 2020 ini di Indonesia tererang wabah penyakit yang di sebut Covid-19. Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global tentu saja berdampak terhadap sector perekonomian. Terutama pada Pelaku Umkm yang menyebabkan pendapatan mereka menurun secara drastic. Oleh karna itu penulis ingin meneliti bagaimana Strategi Sustainability Pelaku Umkm Dalam Meningkatkan Pendapatannya di Masa Pandemi Covid-19 di Pasar Kangkung Kecamatan Teluk Betung Selatan Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase sebagai dasar interpretasi dan deskripsi guna membuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan para pedagang di Pasar Kangkung Kota Bandar lampung mengalami keterpurukan dengan menurunya pendapatan yang sangat drastic hal tersebut membuat para pedagang di Pasar Kangkung memutar pikiran untuk memmpertahankan usahanya. Dalam melakukan strategi keberlanjutan yang di capai para pelaku Umkm di pasar kangkung untuk mempertahankan dan meningkatkan pendapatanya di masa pandemic Covid-19, yaitu dalam tata kelola keuangan untuk menjaga keuangan agar tetap stabil para pelaku Umkm mengurangi biaya produksi dan memperoleh bansos berupa tambahan modal usaha dari pemerintah. Dan di masa pandemic Covid-19 para pelaku Umkm di pasar kangkung melakukan promosi melalu media social, para pelaku Umkm memanfaatkan teknologi dalam memperluas jangkauan usahanya agar bisa di minati oleh masyarakat secara luas. Para pelaku Umkm di pasar kangkung mengembangkan model bisnis yang modern. Pemerintah juga ikut mendorong pelaku Umkm untuk mengembangkan model bisnis yang modern, dengan membangun teknologi digital sebagai platform dalam proses keberlangsungan kegiatan Umkm. Penguatan teknologi digital untuk mendukung aktivitas ekonomi Umkm. dalam strategi keberlanjutan teknologi digital harus menjadi platform utama dalam proses bisnis Umkm. Dimana, kedepan diharapkan Umkm dapat menggunakan teknologi digital untuk melakukan proses produksi, promosi maupun mennetukan pasar potensial bagi produknya. ii ABSTRACT UMKM are trading businesses that are managed by individuals referring to productive economic businesses with the criteria set out in the law. Even in terms of business management, it still has a close relationship with the economy of the community at various levels. However, around the beginning of 2020, in Indonesia, there was an outbreak of a disease called Covid-19 (Corona Virus). The global Covid-19 pandemic has certainly had an impact on the economic sector. Especially for Umkm actors who caused their income to drop drastically. Therefore, the author wants to examine the Sustainability Strategy of Umkm in Increasing Their Income during the Covid-19 Pandemic at Kangkung Market, Teluk Betung Selatan District, Bandar Lampung City. This research uses qualitative research methods, data collection is done using questionnaires, observation, and documentation methods. The data analysis technique uses percentages as the basis for interpretation and description in order to make research results. The results showed that traders at Kangkung Market in Bandar Lampung City experienced a slump with a very drastic decrease in income, it made traders in Kangkung Market spin their minds to maintain their business. In carrying out a sustainability strategy in increasing their income and maintaining their business during this Covid-19 pandemic, the Government cooperates with large business parties and corporations, both private and government (BUMN) to be able to channel funds or organize Corporate Social Responsibility (CSR) programs intended for Umkm and the Government are developing a modern Umkm business model, by building digital technology as a platform in the process of sustaining Umkm activities during the Covid-19 pandemic. Strengthening digital technology to support Umkm economic activities in the Kangkung market. To maintain their business, Umkm actors apply health protocols, manage finances and production financing and carry out marketing strategies. Keywords : UMKM, strategy, Pandemic Covid-19, Income

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:56
Last Modified: 03 Feb 2022 02:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17504

Actions (login required)

View Item View Item