PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK TINGKAT SMA

MERIA, SARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK TINGKAT SMA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MERIA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis dalam pembelajaran matematika sangat penting dimiliki peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan proses berpikirnya dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis secara bersama-sama antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran SIMAS ERIC dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran ceramah. Jenis penelitian ini adalah Quasy Ekperimental design dengan rancangan penelitian .Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis. Tekni analisis data yang digunakan yaitu uji homogenitas, uji normalitas, dan uji One Way Manova. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan metakognitif antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran SIMAS ERIC dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran ceramah, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran SIMAS ERIC dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran ceramah, serta terdapat perbedaan kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis secara bersama-sama antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran SIMAS ERIC dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran cermah pada materi matriks. Peneliti mengharapakan bahwa pada penelitian selanjutnya yang menggunakan model pembelajaran SIMAS ERIC, hendaknya menggabungkan model pembelajaran SIMAS ERIC dengan pendekatan pembelajaran untuk mengukur kemampuan peserta didik lainnya agar proses pembelajaran dapat lebih efektif. Kata Kunci: SIMAS ERIC, Metakognitif, Berpikir Kreatif Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:51
Last Modified: 03 Feb 2022 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17503

Actions (login required)

View Item View Item