PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

RIZKA, SUCI HARYUDITA (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKA SUCI HARYUDITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang harus dimiliki siswa. Berdasarkan data hasil pra penelitian dan wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 3 Jati Agung, menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Jati Agung tersebut masih rendah. Penulis tertarik untuk menerapkan media Articulate Storyline 3 terhadap kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Ada tidaknya perbedaan kemampuan representasi matematis berdasarkan media pembelajaran (2) Ada tidaknya perbedaan motivasi belajar siswa berdasarkan media pembelajaran (3) Ada tidaknya perbedaan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar berdasarkan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif, dengan jenis penelitian quasy eksperiment design dengan desain posttest only control design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jati Agung. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas Kontrol. Data hasil tes kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa di analisis menggunakan uji Manova dengan berbantuan program SPSS. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Manova dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh (1) – sehingga H0AB ditolak dengan kesimpulan terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa berdasarkan media pembelajaran,(2) – sehingga H0A ditolak dengan kesimpulan terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan media pembelajaran, (3) – sehingga H0B ditolak dengan kesimpulan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa berdasarkan media pembelajaran. Kata Kunci: Articulate Storyline 3, Kemampuan Representasi Matematis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:49
Last Modified: 03 Feb 2022 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17502

Actions (login required)

View Item View Item