PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN ASSERTIVE TRAINING TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTs GUPPI 2 TANJUNG KARANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Ariani, Denita (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN ASSERTIVE TRAINING TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTs GUPPI 2 TANJUNG KARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (67MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan erat kaitannya dengan tata tertib yang ada di sekolah, peserta didik yang telah mentaati tata tertib sekolah maupun patuh kepada guru dan menjalankan kewajiban untuk belajar yaitu dikatakan disiplin. Namun kenyataan yang terjadi di sekolah masih sering terjadi peserta didik yang belum patuh pada peraturan dan tata tertib sekolah seperti datang terlambat ke sekolah, membolos, tidak mengerjakan tugas dari guru, bekelahi dan sebagainya. Sehingga perlu adanya upaya untuk meningatkan kedisiplinan peserta didik menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik Assertive training/Latihan asertif. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh layanan konseling kelompok degan Assertive training dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 peserta didik kelas VIII di MTs GUPPI tahun ajaran 2016/2017 yang memiliki kedisiplinan rendah. Teknik yang digunakan dalam pngumpulan data penelitian ini menggunakan angket kedisiplinan , wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya langkah yang digunakan dalam menganalisa data pertama editing, coding data entri, cleaning kemudian untuk mengetahui keberhasilan eksperimen dengan menggunakan uji t dengan SPSS. Hasil analisis data pretest setelah diberikan layanan konseling kelompok assertive taining dengan menggnakan uji t ( Paired Sampel Tes Statistik). Diperoleh thitung > ttabel (68,25>1,78) maka Ho ditolak dan Ha diterima dari hasil data tersebut kedisiplinan peserta didik di sekolah MTs GUPPI 2 Tanung Karang dapat ditingkatkan melalui Assertive Training. Hasil penelitian diperoleh setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik Assertive Training kepada peserta didik di MTs GUPPI 2 Tanjung Karang dapat ditingkatkan kedisiplinan peserta didik, hal itu terlihat dengan : 1 peserta didik sudah mampu menjalankan perilaku disiplin terhadap waktu sehingga peserta didik memiliki ketegasan diri, 2. Peserta didik mampu dan memiliki sikap disiplin perbuatan, sehingga peserta didik memiliki ketegasan dan kemauan patuh terhadap guru dan mentaati tata tertib di sekolah. Kata kunci : layanan konseling kelompok, Assertive training, Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 Oct 2017 03:47
Last Modified: 30 Oct 2017 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1750

Actions (login required)

View Item View Item