PENGARUH MODEL PEMBELAJARANMASTER(MOTIVATING,ACQUIRING, SEARCHING, TRIGGERING, EXHIBITING, REFLECTING) TERHADAPKEMAMPUAN KONEKSIMATEMATIS PESERTADIDIK DI SMPN 1 BELITANG JAYA KABUPATEN OKU TIMUR DITINJAU DARISELF EFFICACY

NAZIAH, ULVAH ARDIANI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANMASTER(MOTIVATING,ACQUIRING, SEARCHING, TRIGGERING, EXHIBITING, REFLECTING) TERHADAPKEMAMPUAN KONEKSIMATEMATIS PESERTADIDIK DI SMPN 1 BELITANG JAYA KABUPATEN OKU TIMUR DITINJAU DARISELF EFFICACY. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI  NAZIAH ULVAH ARDIANI (1511050101).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya kemampuan koneksi matematis disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang berpusat kepada pendidik serta kurangnya kepercayaan diri peserta didik, akibatnya peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Peserta didik membutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik ditinjau dari self efficacy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Design dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Belitang Jaya. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII-1 (kelas eksperimen) dan kelas VIII-2 (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan tes kemampuan koneksi matematis dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji analisis menggunakan uji anava dua jalan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji anava dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikan 5% diperoleh hasil bahwa FAhitung = 8,443 >FAtabel = 4,007 maka H0A ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. FBhitung = 66,682 ˂ FBtabel = 3,156 maka H0B ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh self efficacy yang tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan koneksi matematis dan FABhitung = 0,451˂ FABtabel = 3,156 maka H0AB diterima, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran MASTER dan self efficacy terhadap kemampuan koneksi matematis. Pengujian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran MASTER lebih baik daripada model pembelajaran konvensional (2) peserta didik dengan kategori self efficacy tinggi lebih baik daripada self efficacy sedang maupun rendah terhadap kemampuan koneksi matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran MASTER, Kemampuan Koneksi Matematis, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:18
Last Modified: 03 Feb 2022 02:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17498

Actions (login required)

View Item View Item