PENDISTRIBUSIAN ZAKAT PRODUKTIF DOMPET DHUAFA LAMPUNG DALAM MENSEJAHTRAKAN MUSTAHIK DI DESA SINDANGANOM KECAMATAN SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR

IMAM, PAHLEVI (2022) PENDISTRIBUSIAN ZAKAT PRODUKTIF DOMPET DHUAFA LAMPUNG DALAM MENSEJAHTRAKAN MUSTAHIK DI DESA SINDANGANOM KECAMATAN SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI IMAM PAHLEVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pendistribusian dana zakat produktif serta dampaknya terhadap peningkatan kesejahteraan mustahik yang dijalankan oleh Dompet Dhuafa Lampung khususnya di Desa Sindanganom Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur. Serta untuk mngkaji apakah pendistribusian yang dijalankan oleh Dompet Dhuafa Lampung sudah efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field Research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah penerima dana zakat produktif dan amil bidang pendistribusian dan pendayagunaan zakat Dompet Dhuafa Lampung di Desa Sindanganom Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur. Teknis analisis pada penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan pendistribusian dana zakat produktif yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Lampung belum efektif dalam meningkatkan kesejahteraan mustahiqnya. Dalam hal ini Dompet Dhuafa Lampung dalam mensejahtrakan masyarakat perlu diapresiasi, namun penulis membeikan beberapa catatan rekomendasi Pelayanan Dompet Dhuafa Lampung harus memudahkan akses para mustahiq untuk memperoleh hak-haknya dari dana zakat. Sekaligus juga dibutuhkan dukungan dari para muzakki, baik perorangan maupun lembaga/badan usaha agar menyalurkan zakat, infaq dan sedekah yang lebih besar guna mendukung programprogram lembaga zakat. Diharapkan adanya upaya penyegaran dalam pendistribusian dan pegelolaan zakat dengan mensinergikan semua komponen kelembagaan zakat, baik yang berkaitan dengan aspek manajemennya, sistem, strategi dan pengawasannya sehingga dapat menjadikan pengelolaan zakat menjadi efektif, tentunya tidak terlepas dari kualitas amil zakat itu sendiri, baik yang berkaitan dengan kejujurannya maupun kepeduliannya untuk membantu masyarakat miskin. Kata Kunci : Pendistribusian Zakat Produktif, Kesejahtraan Mustahiq.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:44
Last Modified: 02 Feb 2022 07:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17491

Actions (login required)

View Item View Item