ANALISIS MASLAHAH MURSALAH TERHADAP PENERAPAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 44 TAHUN 2019 TENTANG PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SISTEM ZONASI (Studi Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung)

AYU, OKTAVIANI (2022) ANALISIS MASLAHAH MURSALAH TERHADAP PENERAPAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 44 TAHUN 2019 TENTANG PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SISTEM ZONASI (Studi Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI AYU OKTAVIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan usaha sadar yang terencana untuk mewujudkan belajar dengan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya. Kebijakan zonasi dalam penerimaan peserta didik baru menuai kritik dari sejumlah masyarakat. Orang tua tak dapat mendaftarkan anak-anaknya ke sekolah yang dikehendaki, karena adanya sistem zonasi. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti ingin melakukan kegiatan penelitian dengan judul “Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Penerapan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi (Studi di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung)”. Rumusan masalah yang akan penulis bahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2019 tentang Proses Penerimaan Peserta Didik Baru Menggunakan Sistem Zonasi di Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung? dan Bagaimana analisis Maslahah Mursalah terkait implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2019 tentang Proses Penerimaan Peserta Didik Baru Menggunakan Sistem Zonasi tersebut? Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research), yaitu mengadakan penelitian lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Penerapan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru sistem zonasi dalam pemenuhan hak warga negara untuk mendapatkan pendidikan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung sudah berjalan dengan baik namun belum maksimal. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung menerima keluhan dari masyarakat tentang penerimaan peserta didik baru sistem zonasi tahun 2020. Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta pemerintah agar dapat memantau sekolahan yang belum siap untuk menerapkan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2022 04:18
Last Modified: 02 Feb 2022 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17484

Actions (login required)

View Item View Item