BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG

SITI, PUTI RENDRA TAMARA (2022) BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI PUTI RENDRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII SMPN 20 BANDAR LAMPUNG Proses pembentukan karakter peserta didik menjadi tanggungjawab semua guru, termasuk juga guru bimbingan dan konseling (konselor sekolah). Konselor sekolah atau guru bimbingan dan konseling sesuai surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Nasional Nomor 25 Tahun 1993, tidak dapat dilepaskan dari peran dan tugas yang terkait dengan pendidikan karakter. Permasalahan penelitian ini yaitu bimbingan pribadi-sosial dalam pembentukan karakter peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru BK dalam pembentukan karakter peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung melalui bimbingan pribadi-sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analysis dan menggunakan teknik analis adeskriptif kualitatif, yaitu mendiskripsikan dan menginterpretasikan data-data yang telah di dapat sehingga mengambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yangada. Hasil penelitian ini yaitu :peran guru bimbingan konseling dalam membentuk karakter kejujuran siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung melalui bimbingan pribadi-sosial di lakukan melalui pendekatan keteladanan, pendekatan pembiasaan pada setiap kegiatan ekstrakurikuler, yang bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik. Nilai-nilai karakter yang dihasilkan dari tujuan, materi, strategi, pendekatan dan metode yang dilakukan guru BK kelas VIII mencakup beberapa poin penting, yaitu: Pertama, sikap dan perilaku siswa kepada Allah menunjukkan adanya perubahan tingkah laku yang mulai tumbuh pada diri siswa yang diwujudkan dengan ketaatan dan keyakinannya kepada Allah swt. Ketaatan tersebut terlihat dari kesadaran siswa dalam kehidupan sehari-hari yang ditandai dengan iii kejujuran, ketaatan beribadah, berzikir, bertadarus al-Qur’an, senantiasa berdoa dan bersyukur kepada Allah, berpuasa penuh di bulan Ramadhan, dan berinfak (beramal jariyah) karena Allah. Kedua, sikap dan perilaku siswa kepada sesame manusia terlihat cukup sopan dan santun, jujur, setiakawan, pemaaf, dan memiliki kedisiplinan yang cukup tinggi dan budi pekerti yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:22
Last Modified: 02 Feb 2022 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17478

Actions (login required)

View Item View Item