ANALISIS PENGARUH RENTABILITAS DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH (Studi Pada Perusahaan yang ada di LQ45 Tahun 2017-2020)

FATMA, ALMAIDAH (2022) ANALISIS PENGARUH RENTABILITAS DAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH (Studi Pada Perusahaan yang ada di LQ45 Tahun 2017-2020). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FATMA ALMAIDAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja LQ45 tertekan selama tiga bulan pertama tahun 2021. LQ45 sudah amblas 3,43% dalam tiga bulan. Persentase ini lebih rendah dibandingkan dengan kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) yang tumbuh tipis 0,11% dalam tiga bulan terakhir. Mengenai kinerja keuangan perusahaan yang sudah berdiri sejak 1975 dan sekarang sedang menghadapi wabah COVID-19 pada akhir tahun 2020 mengalami penurunan laba bersih mencapai 48,06% secara tahunan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rentabilitas dan islmic social reporting terhadap return saham syariah secara parsial dan simultanpada perusahaan yang ada di LQ45. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang ada di LQ45 selama periode 2017-2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dan menggunakan data sekunder.. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Jumlah perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini 10 perusahaan. Data yang diolah adalah data sekunder yang diolah oleh peneliti melalui pergerakan return saham dari web resmi perusahaan terkait. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa Secara parsial Net Profit Margin berpengaruh signifikan terhadap return saham syariah dan Sedangkan Islamic Social Reporting secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham syariah. Secara simultan menyatakan bahwa Net Profit Margin dan Islamic Social Reporting tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham syariah. Tinjauan ekonomi Islam pada penelitian ini adalah mengenai pentingnya kegiatan pasar saham syariah yang harus tetap dijalankan sesuai dengan prinsip Islam dan tidak menyalahi aturan yang ada agar return saham yang didapatkan menghasilkan keberkahan hal ini diatur dalam ayat al-quran Al-Baqarah:261. Kata Kunci: Rentabilitas, Islamic Social Reporting, Return Saham Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:25
Last Modified: 02 Feb 2022 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17475

Actions (login required)

View Item View Item