ANALISIS PERANAN OBJEK WISATA BUKIT IDAMAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Pada Masyarakat Di Desa Gisting Atas Blok 7 Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus)

Ady, Fikhry Tajul Husna (2022) ANALISIS PERANAN OBJEK WISATA BUKIT IDAMAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Pada Masyarakat Di Desa Gisting Atas Blok 7 Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADY FIKHRY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ANALISIS PERANAN OBJEK WISATA BUKIT IDAMAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM” Skripsi ini ditulis oleh ADY FIKHRY TAJUL HUSNA, NPM 1651010296, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Pariwisata merupakan industry yang mampu memberikan manfaat langsung atau tidak langsung kepada pemerintah maupun masyarakat. Namun apabila tidak dicermati atau diwaspadai baik akan merusak tatanan atau nilai-nilai kehidupan masyarakat, social Pada observasi awal diperoleh sebagian besar masyarakat Desa gisting atas sangat tergantung dari hasil pertanian, maka jika terjadi penuruan harga hasil panen akan menjadi masalah bagi kehidupan ekonomi keluarganya. Seiring berkembangnya jaman masyarakat dituntut tidak hanya bertumpu pada sektor pertanian saja Sehingga berdasarkan hal ini sangat memungkinkan terjadinya perubahan sosial masyarakat desa Gisting atas yang berprofesi petani untuk mengkonversi pekerjaannya di bidang industri pariwisata. Tingkat pendapatan di sektor pertanian yang relatif rendah dan keterbatasan sektor pertanian dalam penyerapan tenaga kerja dipedesaan menyebabkan masyarakat pedesaan khususnya petani mencari alternatif pekerjaan yang lain di luar sektor pertanian. Munculnya industri dipedesaan membawa pergeseran dalam masyarakat. Pergeseran dari masyarakat agraris menuju ke arah industri akan membawa pergeseran dalam bidang ekonomi maupun sosial. Maka dari itu membuat masyarakat tidak hanya bertumpu pada sektor pertanian saja. Tujuan penelitian Untuk mengetahui bagaimana Peranan Obyek Wisata dalam meningkatkan Pendapatan masyarakat,dan Untuk mengetahui bagaimanakah Perspektif ekonomi islam terhadapPeranan Obyek Wisata dalam meningkatkan Pendapatan masyarakat. Jenis penlitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan atau lokasi penelitian dalam kancah sebenarnya. Penelitian field research dilakukan dengan menggali data yang bersumber dari lokasi atau lapangan penelitian, dalam penelitian ini bersumber pada lokasi diDesa Gisting Atas Kecamatan GistingKabupaten Tanggamus. Berdasarkan hasil wawancara, dapat dipahami bahwa dengan adanya Objek Wisata Bukit Idaman di desa Gisting Atas memberikan dampak positif bagi iii masyarakat untuk berwirausaha dan mengurangi pengangguran serta meningkatkan pendapatan dari profesi sebelumnya. Sesuai dengan banyak nya para pengunjung yang datang, dan kondisi hari-hari libur tertentu. Kata Kunci : Objek Wisata ,Pendapatan ,Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:35
Last Modified: 31 Jan 2022 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17472

Actions (login required)

View Item View Item