PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBAGIAN WARISAN KEPADA ANAK TUHA BAKAS DENGAN CARA WASIAT (Studi Di Desa Turgak Belalau Lampung Barat)

KERISSIAN, DINATA (2022) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMBAGIAN WARISAN KEPADA ANAK TUHA BAKAS DENGAN CARA WASIAT (Studi Di Desa Turgak Belalau Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KERISSIAN DINATA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Wasiat adalah pesan seseorang pada masa hidupnya kepada orang lain atau kepada beberapa orang yang pelaksanaannya setelah ia meninggal dunia, berwasiat merupakan suatu hal yang dianjurkan dalam agama islam. Sedangkan praktik wasiat warisan yang terjadi di Desa Turgak Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat pelaksanaan wasiat warisan di laksanakan dan dibagikan sebelum pewaris atau yang berwasiat meninggal dunia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik wasiat warisan anak tuha bakas yang terjadi Di Desa Turgak Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat, dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktik wasiat warisan anak tuha bakas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana praktik wasiat warisan anak tuha bakas yang terjadi di Desa Turgak Kecamatan Kabupaten Lampung Barat dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam tentang praktik pembagian warisan anak tuha bakas dengan cara wasiat. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) sifat penelitian ini adalah deskriptip analitik, dan sumber datanya adalah data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan interview sebagai metode utama, serta metode dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunakan yaitu metode editing dan koding. Penelitian ini menggunakan metode berfikir induktif dalam menganalisa data. Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa masyarakat desa Turgak Kecamatan Belalau masih melaksanakan wasiat warisan tidak melalui pengadilan, dan warisan dibagikan sebelum pewaris meninggal dunia. Hal ini dilakukan karena minimnya pengetahuan tentang Hukum. Menurut Hukum Islam praktek wasiat warisan dengan sistem tersebut tidak diperbolehkan, karena sangat bertentangan dengan Hukum Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:26
Last Modified: 31 Jan 2022 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17470

Actions (login required)

View Item View Item