PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA

NOVA, DIADARA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KALIANDA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVA DIADARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran PAI kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Kalianda dikarenakan kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI serta sumber belajar yang belum memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran, guru diharapkan menggunakan model hybrid learning, yaitu kegiatan yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dengan online yang dapat melibatkan peserta didik dan guru agar saling berinteraksi setiap saat dan di mana saja karena memanfaatkan komputer maupun (handphone) sebagai fasilitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran hybrid learning pada mata pelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 1 Kalianda. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Kalianda dan sampel merupakan peserta didik kelas XI AK (Akuntansi dan Keuangan) sebagai kelas kontrol dan XI OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran) sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest only control design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive. Analisis data dengan menggunakan uji-t dengan jenis independent T-Test. Perhitungan data dianalisis menggunakan statistika inferensial. Kemudian uji perbandingan rata-rata pada tahap akhir menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,350 dan ttabel = 1,706 dan pada taraf signifikasi 5%, diperoleh sig < ɑ yaitu 0,002 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Hybrid Learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XI OTKP SMK Muhammadiyah 1 Kalianda. Kata Kunci: Model Pembelajaran Hybrid Learning dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:17
Last Modified: 31 Jan 2022 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17469

Actions (login required)

View Item View Item