IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 2 RAMA GUNAWAN KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

SEPTIA, WIJAYANTI (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 2 RAMA GUNAWAN KECAMATAN SEPUTIH RAMAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SEPTIA WIJAYANTI 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penilaian autentik merupakan salah satu penyempurna kurikulum 2013. Penilaian autentik menekankan tiga aspek dalam penilaiannya yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinilai melalui proses pembelajaran dan akhir pembelajaran. Seperti yang penulis lihat di sekolah tersebut bahwa masih ada perencanaan dalam tekhnik dan instrument yang belum terlaksana dengan baik. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil penilaian serta faktor yang mempengaruhi dalam penilaian autentik di SD Negeri 02 Rama Gunawan Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi penilaian autentik dalam kurikulum 2013 di SD Negeri 02 Rama Gunawan Lampung Tengah, (2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran tematik di SD Negeri 02 Rama Gunawan Lampung . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I-VI. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Tekhnik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tekhnik keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) guru merencanakan penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan namun guru tidak menggunakan rubrik penilaian persentasi atau penyajian laporan. Guru melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik yang mencakup kompetensi penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompetensi sikap dilaksanakan melalui tekhnik penilaian observasi, dan penilaian jurnal. Penilaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan melalui tekhnik tes tertulis, dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui tekhnik penilaian kinerja. 2). Faktor keberhasilan implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran tematik antara lain: adanya pelatihan tentang implementasi penilaian autentik, instrument penilaian autentik dan media internet dan buku paket. Faktor penghambat keberhasilan implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran tematik antara lain: kurang mahirnya guru iii menggunakan computer, kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang proses penilaian memerlukan waktu yang lama, terlalu rumitnya penilaian autentik, keadaan siswa yang kurang mendukung proses penilaian. Kata Kunci: Implementasi Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:12
Last Modified: 31 Jan 2022 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17468

Actions (login required)

View Item View Item