KONSEP KEMANDIRIAN ANAK DALAM KARYA IHSAN BAIHAQI IBNU BUKHARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

AYU, FATIMAH (2022) KONSEP KEMANDIRIAN ANAK DALAM KARYA IHSAN BAIHAQI IBNU BUKHARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYU FATIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Buku yang berjudul Mengajarkan Kemandirian Pada Anak merupakan yang ditulis oleh Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari. Buku ini menceritakan tentang kisah nyata dari pengarang yaitu Ihsan Baihaqi. Ihsan Baihaqi menyampaikan dakwahnya melalui buku ini yang dituangkan dalam bentuk tulisannya untuk mengajak masyarakat menjadi orang tua yang shaleh. Kemandirian sangat penting dalam kehidupan seseorang, karena dengan kemandirian anak bisa menjadi lebih bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhannya serta menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Seorang anak yang memiliki rasa kemandirian akan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan serta keadaan lingkungan anak itu sendiri dan dapat mengatasi kesulitan yang terjadi. Anak-anak yang memiliki kemandirian secara normal akan cenderung lebih positif dimasa depannya. Mendidik anak merupakan upaya yang penuh tantangan dan harapan bagi orang tua. Seiring dengan bertambahnya usia anak, orang tua harus terus belajar mendampingi mereka agar menjadi sosok yang berkarakter. Kemandirian anak sangat diperlukan dalam rangka membekali mereka untuk menjalani kehidupan yang akan datang. Kemandirian merupakan salah satu aspek yang harus dimiliki oleh setiap anak, karena dapat mempengaruhi aktivitasnya juga berfungsi untuk membantu mencapai tujuan hidupnya. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini adalah Bagaimana Konsep Kemandirian Anak Dalam Karya Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian library research, yaitu penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat diperpustakaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui konsep kemandirian anak dan relevansinya dengan pendidikan Islam yang terkandung dalam buku „mengajarkan kemandirian pada anak‟ karya Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari, agar kemudian dapat dijadikan acuan dalam mengajarkan kemandirian terhadap anak khususnya pada generasi saat ini. iii Adapun hasil penelitian menunjukkan 1) Aspek-Aspek pendidikan Islam diantaranya yaitu metode, materi pendidikan, media dan evaluasi. 2) Analisis konsep kemandirian anak menurut Ihsan Baihaqi, Kemandirian memiliki arti kemampuan individu untuk melakukan sesuatu sesuai dengan kemampuannya sendiri. Berdasarkan konsep kemandirian ini Ihsan Baihaqi menjelaskan bahwa anak yang sudah mencapai kemandirian ia mampu menjalankan atau melakukan sendiri aktivitas hidup terlepas dari pengaruh kontrol orang lain. 3) Analisis Relevansi Kemandirian dengan Pendidikan Islam Kemandirian dan pendidikan Islam saling berkaitan. Dapat dilihat dari tauladan yang diberikan Rasulullah agar memiliki sikap kemandirian dan tidak bergantung pada orang lain. Hal tersebut tentu erat hubungannya dengan kemandirian. Untuk itu penting bagi orang tua maupun pendidik agar dapat menanamkan sikap kemandirian pada anak sejak dini, sehingga anak dapat menghadapi tantangan di masa depan. Kata Kunci: KemandirianAnak, Ihsan Baihaqi, Pendidikan Islam. iv ABSTRACT The book entitled Teaching Independence to Children is written by Ihsan Baihaqi Ibn Bukhari. This book tells the true story of the author, Ihsan Baihaqi. Ihsan Baihaqi conveys his da'wah through this book which is poured in his writings to invite the public to become pious parents. Independence is very important in one‟s life, because with independence children can become more responsible in meeting their needs and foster self-confidence in childern. A child who has sense of independence will be able to adjust to environment and can overcome the difficulties that occur. Children whohave normal independence will tend to be more positive in the future. Educate children is an effort full of challenges and hopes for parents. Along with increasing at the age of the child, parents must continue to learn to accompany them to become a character with character. Children‟s independence is very necessary in order to equip them to live a good life will come. Independence is one aspect that must be owned by every child, because it can affect activities also serve to help achieve his life goals. The formulation of the problem in this thesis is how is the concept of child independence in the work of Ihsan Baihaqi Ibn Bukhari and its relevance to Islamic education?. The method used in this research is qualitative with the type of library research used to collect data and information with the help of various materials in the library. This research was conducted to find out the concept of child independence and its relevance to islamic education contained in the book „teaching independence to children‟ by Ihsan Baihaqi Ibn Bukhari, so that later they can be used as a reference in teaching independence to children, especially in the current generation. The results of the study show 1) Aspects of Islamic education including methods, educational materials, media and evaluation. 2) Analysis of the concept of child independence according to Ihsan Baihaqi, Independence means the individual's ability to do something according to his own abilities. Based on this concept of independence, Ihsan Baihaqi explains that children who have achieved independence v are able to carry out or carry out life activities independently of the influence of other people's control. 3) Analysis of the Relevance of Independence with Islamic Education Independence and Islamic education are interrelated. It can be seen from the example given by the Prophet to have an attitude of independence and not depend on others. This is of course closely related to independence. For this reason, it is important for parents and educators to be able to instill an attitude of independence in children from an early age, so that children can face challenges in the future. Keywords: Child independence, Ihsan Baihaqi, Islamic Education

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2022 06:41
Last Modified: 31 Jan 2022 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17463

Actions (login required)

View Item View Item