MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS MADRASAH DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN KOTA METRO

ENDAR, EVTA YUDA PRAYOGI (2022) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS MADRASAH DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN KOTA METRO. PhD thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of DISERTASI ENDAR BAB 1 new 2022-dikonversi-dikompresi.pdf] PDF
Download (157kB)
[thumbnail of DISERTASI ENDAR EVTA YUDA PRAYOGI (S3) MPI (1886031005)-dikonversi-dikompresi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari keunggulan pondok pesantren tahfidz al-qur'an mempunyai ciri khas yang bersifat tradisional untuk mendalami ilmu agama Islam, menghafal ayat-ayat suci al-qur'an dan mengamalkannya sebagai pedoman hidup keseharian, menekankan pentingnya moral dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan manjemen mutu madrasah pada aspek visi, misi dan target mutu, manajerial yang kuat dan mandiri, pengembangan staf madrasah, pengembangan akademik dan administrasi, pengembangan konunikasi dan dukungan orang tua dan budaya mutu. Jenis penelitian ini adalah deskriprif kualitatif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data di lapangan. Penelitian ini menghasilkan enam temuan, manajemen peningkatan mutu pendidikan pada aspek visi,misi dan target mutu yang ingin dicapai di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur'an Kota Metro, dilakukan oleh Kepala madrasah dengan melibatkan semua komponen madrasah dan pondok pesantren menggunakan pendekatan religius dan humanis, sebagai orisinalitas madrasah dengan melakukan peningkatan kolaborasi, koordinatif dan tranparansi dalam mencapai minimal 8 Standar Nasional Pendidikan. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan pada aspek pengembangan manajerial yang kuat dan mandiri di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur'an Kota Metro telah terlaksana koordinatif, kolaboratif dan tranparansi ,sehingga masyarakat serta seluruh komponen madrasah ikut bertanggung jawab dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Manejemen Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Aspek Evaluasi Akademik Dan administrasi secara terus menerus di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur'an Kota Metro dilakukan oleh kepala madrasah secara Tranpormatif participation, melalui pendekatan nilai humanis dan religius. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan pada aspek pengembangan staf madrasah secara terus menerus di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur'an Kota Metro, dengan tugas antara lain: menetapkan analisa jabatan, menarik karyawan, melatih, menempatkannya, memberikan kompensasi yang adil dan merata, memotivasi karyawan, dan sebagainya. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan pada aspek pengembangan komunikasi dan dukungan orang tua Serta Masyarakat Di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur'an Kota Metro, berupaya menerapkan komunikasi yanng benar-benar efektif dengan terlebih dahulu mengkondisikan kualitas komunikator, komunikan, pesan-pesan dalam komunikasi, lingkungan komunikasi, media komunikasi, dan sebagainya. Manajemen Peningkatan Mutu Madrasah pada aspek pengembangan Budaya Mutu Di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur'an Kota Metro, menetapkan standar mutu proses pembelajaran yang diharapkan dapat berdayaguna untuk mengoptimalkan proses produksi dan untuk melahirkan produk yang sesuai, yaitu yang menguasai standar mutu pendidikan berupa penguasaan standar kemampuan dasar. Kata Kunci: Manajemen Peningkatan Mutu, Pendidikan Berbasis Madrasah, Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur'an vi ABSTRACT This research departs from the excellence of Tahfidz Qur'an Islamic Boarding School has a special characteristic that is traditional to explore Islamic religious science, memorize the holy verses of the Qur'an and practice it as a guide to daily life, emphasizing the importance of morals in community life, nation and state. For this reason, the purpose of this research is to describe the management of madrasah quality on aspects of vision, mission and quality targets, strong and independent managerial, madrasah staff development, academic and administrative development, communication development and parental support and quality culture. This type of research is narrative qualitative descriptrify, using observation, interview and documentation methods in data collection in the field. From this research resulted in five findings, first the impact of management of quality improvement based on madrasah on the quality of graduates in taking 100% national examinations, proficient in Arabic, English and proficient in reading the yellow book, faith in devotion to Allah SWT is getting stronger by showing good morals and alumni. many continue their studies at paforit colleges and even abroad. Second, the institution can be seen from the assessment of the National Accreditation Board for Madrasahs getting very good scores.Third is that public trust in madrasah institutions is getting better, it is proven that the number of new student registrants has significantly increased from year to year, even many students from outside the city and abroad. The fourth is that the competence of teachers has increased, the ability to convey learning to students, which in turn can improve student achievement. The fifth is the participation of stakeholders in the program to improve the quality of madrasah education, with a humanist and religious approach from the principal of madrasah with all madrasah components. Keywords: Quality Improvement Management, Madrasah Based Education, Tahfidz Qur'an Islamic Boarding School

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:23
Last Modified: 31 Jan 2022 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17458

Actions (login required)

View Item View Item