PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

CINDY, NURHASANAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI CINDY NURHASANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh peserta didik untuk menyelesaikan persoalan matematika. Berdasarkan hasil prapenelitian di SMP Negeri 1 Katibung diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis peserta didik tergolong masih rendah yang ditunjukkan dari hasil tes. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang kurang aktif dan efektif sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan model Rotating Trio Exchange dengan pembelajaran model konvensional terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. penelitian. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Katibung, dengan dua sampel penelitian yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data penelitian ini adalah uji multivariate analysis of variance, dengan taraf signifikan 5% diperoleh (1) Terdapat pengaruh model Rotating Trio Exchange dengan pembelajaran model konvensional terhadap pemahaman konsep peserta didik, (2) Terdapat pengaruh model Rotating Trio Exchange dengan pembelajaran model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dan (3) Terdapat pengaruh model Rotating Trio Exchange dengan pembelajaran model konvensional terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Rotating Trio Exchange, Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:08
Last Modified: 31 Jan 2022 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17456

Actions (login required)

View Item View Item