UPAYA KADER PUSKESMAS DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP PEMELIHARAAN KESEHATAN LINGKUNGAN DI PEKON GADINGREJO UTARA KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU

HANA, DELA RESTI (2022) UPAYA KADER PUSKESMAS DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP PEMELIHARAAN KESEHATAN LINGKUNGAN DI PEKON GADINGREJO UTARA KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I  - BAB II.pdf] PDF
Download (516kB)
[thumbnail of Skrripsi Hana_complete.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Puskesmas merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk bersama masyarakat Dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan Puskesmas guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Puskemas Gadingrejo Utara terintegrasi dengan kegiatan pemberdayaan kesehatan lainnya yang sesuai dengan Kondisi wilayah tertentu, seperti halnya di Pekon Gadingrejo Utara, Kurang adanya kesadaran dan keperdulian terhadap kesehatan dan pemeliharaan lingkungan rumah tangga disebabkan pola perilaku yang tidak bersih dan tidak sehat. Program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di tatanan rumah tangga sebagai upaya memberdayakan masyarakat dalam mencegah timbulnya penyakit, karena lebih efektif dan efisien dibandingkan upaya pengobatan. Rumusan Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah upaya kader puskesmas dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Pengembangan Lingkungan Sehat di Pekon Gadingrejo Utara Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran data lengkap yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menentukan Partisipan, menggunakan teknik Purposive sampling. Partisipan ini berjumlah 6 orang. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis, bahwa Upaya Kader Kesehatan di Puskesmas Gadingrejo utara melalui tiga tahap yaitu Sosialisasi, Dan Penyadaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Maka Kader Kesehatan Puskemas Gadingrejo Utara dalam menjalankan program pemberdayaan kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bisa dikatakan optimal karena mampu merubah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di tatanan rumah tangga maka tercapailah pemberdayaan kesehatan masyarakat dalam pemeliharaan lingkungan yang dilakukan oleh kader puskesmas gadingrejo utara melalui kegiatan PHBS di tatanan Rumah Tangga. Kata Kunci: Upaya Kader Puskesmas Gadingrejo Utara, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:03
Last Modified: 31 Jan 2022 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17455

Actions (login required)

View Item View Item