EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY (ISC) BERBANTUAN YOUTUBE DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

Agung, Widiantoro (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY (ISC) BERBANTUAN YOUTUBE DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Agung Widiantoro.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah model pembelajaran ISC Berbantuan Youtube lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis khususnya materi eksponen. Penelitian dilaksanakan di SMA Al Huda Jati Agung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest posttest kontrol grup desain. Analisis data awal menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji ANAVA. Berdasarkan hasil uji anava n-gain dapat diketahui bahwa = 13,775 sedangkan = 3,09. Jika dan dibandingkan maka = 13,775 > = 3,09 sehingga ditolak yang artinya terdapat perbedaan berdasarkan hasil N-gain antara ketiga kelas yang digunakan dalam penelitian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Terdapat pengaruh model pembelajaran ISC (inquiry social complexity) berbatuan youtube terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik SMA Al-Huda Jati Agung. Berdasarkan hasil perhitungan komparasi ganda maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ISC (inquiry social complexity) berbatuan youtube lebih baik dari model pembelajaran ISC (inquiry social complexity), dan model pembelajaan konvensional. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry Social Complexity, ISC, youtube

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:27
Last Modified: 31 Jan 2022 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17454

Actions (login required)

View Item View Item