MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) BERBANTUAN ALAT PERAGA DI SMP/MTs

PUTRI, DIAN PERTIWI (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT) BERBANTUAN ALAT PERAGA DI SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI DIAN PERTIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik melalui pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) berbantuan alat peraga. Penelitian ini merupakanupenelitian kuantitatif dengan jenis QuasyuExperiment Design. Populasi dalam penelitian iniuadalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Bahrul Ulum Krawangsari Natar Lampung Selatan, dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas sebagai sampel, yaitu satu kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking (RMT) berbantuanualat peraga dan kelasukontrol menggunakan model discovery learning. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Lilifors dan uji homogenitas dengan uji Bartlet, sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan independent sampel t test, dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh Sig. 0,006 < α = 0,05, berarti H0 ditolak maka terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan N-Gain bahwa kelas eksperimen mendapat rata-rata 0,59 sedangkan kelas kontrol mendapat rata-rata 0,46. Dan dari perhitungan N-Gain tersebut didapat bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis melalui pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) berbantuan Alat Peraga lebih baik dari pada peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik melalui pembelajaran secara konvensional. Kata Kunci: Rigorous Mathematical Thinking, Alat Peraga, Kemampuan Representasi Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:51
Last Modified: 31 Jan 2022 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17452

Actions (login required)

View Item View Item