IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DI MA NURUL IMAN SIDODADI PRINGSEWU

SARA, DAMAYANTI (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DI MA NURUL IMAN SIDODADI PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SARA DAMAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Madrasah Aliyyah merupakan suatu lembaga pendidikan islam yang tumbuh serta diakui oleh masyarakat dan mempunyai ke khasan sendiri. Pendidikan ini bertujuan untuk membina siswa agar berkepribadian muslim sesuai dengan ajaran-ajaran agama islam dan menanamkan rasa keagamaan tersebut pada semua aspek kehidupannya serta menjadikannya sebagai orang yang bermanfaat bagi agama, masyarakat, bangsa dan negara. Manajemen kurikulum berkenaan dengan bagaimana kurikulum dirancang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum di MA Nurul Iman. Ada tiga hal yang dideskripsikan sehubungan dengan implementasi manajemen kurikulum di MA Nurul Iman yaitu: perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun sumber data di peroleh dari data primer dan sekunder. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan tringulasi sumber. Hasil penelitian implementasi manajemen kurikulum di MA Nurul Iman Sidodadi Pringsewu berjalan cukup baik dan sistematis, hal tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya indicator implementasi manajemen kurikulum yang ada. Kurikulum dirumuskan oleh tim penyusun kurikulum untuk menentukan arah kebijakan pendidikan atau tujuan kurikulum. Struktur kurikulum yang digunakan terdiri dari kurikuler, ko kulikuler dan ekstra kurikuler. Adapun pelaksanaan kurikulum dua tingkat yaitu tingkat sekolah dan tingkat kelas. Kemudian evaluasi kurikulum yang digunakan adalah evaluasi formatif dan sumatif. Kata kunci: Implementasi Manajemen Kurikulum, Madrasah Aliyyah Nurul Iman. iii ABSTRACT Madrasah Aliyah was Islamic educational institution that grows and is recognized and has its own characteristics. This education aims to foster students to have Muslim personalities in accordance with the teachings of the islamic religious sense in all aspects of their lives and make them useful for religion, society, nation and state. Curriculum management is concerned with how the curiculum was designed. This study aims to describe the implementation of curiculum management in MA Nurul Iman. There were three things described in relation to the implementation of curiculum management at MA Nurul Iman, namely: curriculum planning, curriculum implementation, and curriculum evaluation. The type of research is descriptive qualitative research. Data collection techniques with the method of observation, documentation and interviews. The data sources were obtained from primary and secondary data. Then the data that has been obtained is analyzed with the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Meanwhile, the validity of the data was tested using source triangulation. The results of the research on the implementation of curriculum management at MA Nurul Iman Sidodadi Pringsewu went quite well and systematically, was be seen from the fulfillment of indicators for implemeting the existing curriculum management. The curriculum was formulated by the curriculum drafting team to determine the direction of educational policy or curriculum objectives. The curriculum structure used consists of curricular, co-curricular and extra-curricular. The implementation of the two-level and the class level. Then the evaluation of the curriculum used was formative and summative evaluation. Keywords: implementation of curriculum management, Madrasah Aliyyah Nurul Iman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:31
Last Modified: 31 Jan 2022 02:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17449

Actions (login required)

View Item View Item