PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING DENGAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Marga Sekampung Lampung Timur)

NOVA, DIAN SARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING DENGAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Marga Sekampung Lampung Timur). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL NOVA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING DENGAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Marga Sekampung Lampung Timur) Oleh Nova Dian Sari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran thinking empowerment by questioning dengan Teknik mind map terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marga Sekampung Lampung Timur. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Populasi data penelitian ini adalah seluruh peserta didikkelas VIII SMP Negeri Marga Sekampung Lampung Timur sebanyak 104 peserta didik yang terdistribusi dalam 3 kelas. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik acak cluster random sampling dan memperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran thinking empowerment by questioning dengan tenik mind map sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sampel t test untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji liliefors untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Kemudia uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa mengguakan model model pembelajaran thinking empowerment by questioning dengan teknik mind map. Pengujian hipotesis meperoleh nilai sig (2-tailed) kurang dari ≤ taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran thinking empowerment by questioning dengan Teknik mind map terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Marga Sekampung Lampung Timur. Kata kunci : model thinking empowerment by questioning, teknik mind map, berpikir kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2022 04:05
Last Modified: 28 Jan 2022 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17446

Actions (login required)

View Item View Item