PENGARUH DIMENSI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e- WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 2018 UIN Raden Intan Lampung)

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2022) PENGARUH DIMENSI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e- WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 2018 UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL RAHMAWATI_1751010116 FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat dengan trend belanja online melalui media massa atau internet. Teknologi internet juga dapat membantu perusahaan dalam memulai komunikasi interaktif dengan konsumen sehingga perusahaan dapat menciptakan electronic word of mouth (e-WOM) yang baik terkait produk yang ditawarkan. Electronic word of mouth merupakan pernyataan positif maupun negatif yang diberikan oleh konsumen aktual, potensial atau konsumen sebelumnya mengenai produk atau perusahaan yang informasinya tersedia bagi orang-orang ataupun institusi melalui via media internet. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah dimensi Electronic Word Of Mouth berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopeedan bagaimana keputusan pembelian dalam perspektif Ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dimensi Electronic Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee secara parsial, secara simultan dan untuk mengetahui serta menganalisis keputusan pembelian dalam perspektif Ekonomi Islam.Metodologi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Sampel pada penelitian ini berjumlah 92 responden yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan menggunakan teknik random sampling.Dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji prasyarat yang menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Proses analisis data menggunakan analisis regresi lenier berganda dengan alat pengolahan data SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% atau 0,05 menunjukkan Secara Parsial, dimensi electronic word of mouth yaitu pada dimensi intensitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel valensi opini berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang memiliki nilai signifikan sebesar 0,045< 0,05. Selanjutnya, variabel konten memiliki nilai signifikan sebesar 0,006< 0,05, pengujian ini ii menunjukkan bahwa H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa variabel konten berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Sedangkan Secara simultan dimensi electronic word of mouth yaitu intensitas, valensi opini dan konten memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian hal ini dapat dibuktikan dengan didapatkan fhitung> ftabel yaitu sebesar 22,814> 2,71 dengan angka signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa dimensi electronic word of mouth berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Keputusan pembelian pada marketplace shopee dipengaruhi oleh dimensi electronic word of mouth, hal ini dapat dibuktikan oleh nilai R2 sebesar 43,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Sedangkan dimensi electronic word of mouth dalam perspektif ekonomi islam belum sepenuhnya sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi muhammad SAW dalam berbisnis berupa sifat Shiddiq, Fathanah, Amanah, dan Tabligh. Dalam bisnis modern, saat ini masih sering ditemui sebagian pembisnis melakukan hal-hal yang kurang terpuji dalam melakukan penawaran produknya yang dilarang dalam islam, seperti penawaran dan pengakuan (testimoni) fiktif, iklan yang tidak sesuai deskripsi gambar yang tidak sesuai dengan barang yang sebenarnya. Maka dari itu islam memerintahkan untuk selalu berhatihati dalam mengambil keputusan pembelian dan berhati-hati dalam menyampaikan suatu berita agar tidak menyesali perbuatannya dikemudian hari. Kata Kunci : Electronic Word Of Mouth (e-WOM),Marketplace, Purchasing Decision

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:37
Last Modified: 28 Jan 2022 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17442

Actions (login required)

View Item View Item