PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BOWLINGANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK CAHAYA PEKON GUNUNG MEGANG TANGGAMUS

ADE, HAYATUN NUFUS (2022) PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BOWLINGANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK CAHAYA PEKON GUNUNG MEGANG TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1& 5.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ADE NUFUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi yang diduga adanya gejala-gelaja rendahnya kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok B TK Cahaya Pekon Gunung Megang Tanggamus. Masalah yang akan diteliti yakni, tentang Penggunaan Alat Permainan Edukatif BowlingAngka dan Perkembangan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan, setelah menggunakan Alat Permainan Edukatif BowlingAngka. Metode yang digunakan yakni Clasroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan model Kemmis dan Mc Tanggart yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I, siklus II. Penelitian ini terdapat empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi dan setiap siklus dilakukan tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, penilaian unjuk kerja, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan alat permainan edukatif bowlingangka dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di TK Cahaya Pekon Gunung Megang Tanggamus. Dari hasil observasi pada pra tindakan menunjukkan bahwa sudah ada anak yang berkriteria sesuai harapan tetapi masih dibawah persentase 75% sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan penulis. Setelah adanya tindakan pada siklus I kemampuan mengenal konsep bilangan anak meningkat berada dalam kategori mulai berkembang (MB) dengan persentase 47% atau 7 orang peserta didik dari 15 peserta didik, pada siklus II kemampuan mengenal konsep bilangan anak meningkat berada dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 87% atau 13 orang peserta didik dari 15 orang peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan alat permainan edukatif bowlingangka dapat mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di TK Cahaya Pekon Gunung Megang Tanggamus Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif BowlingAngka, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak iii ABSTRACT This research in the rest of the allegendly the symptoms of lowness of the ability to know the the concept of numbers in group B TK Cahaya Pekon Gunung Megang Tanggamus. The problem to be carefully, about the use of the educational game of the use of bowlingnumbers educational game and the development of the familiarity of the concept of the number, after using the educational game of the bowlingnumbers. The methods used is the Classroom Action Research, with Kemmis and Mc Tanggart consisting of four stages of planning, implementation, observation and reflection. This study cosists of the to cycles, cycle I and cycle II. This research there are fours stages namely planning, implementation, observation, and reflection and each cycle is done three times the meeting. Technique of observation data collection, interview, assessment, documentation. Based on the results of the study found that the use of educational game bowlingnumbers can develop the ability to know the concept of the number in early childhood at TK Cahaya Pekon Gunung Megang Tanggamus. From the observation result on pre action show that already the child who is fit the expectation but it still below the percentage of 75% according to the criteria that the author has set. After the action of cycle I the ability to know the concept of the number of children increased MB persentase 47% or 7 students from 15 students, in the cycle II of the ability to recognize the number of child numbers increased BSH and BSB persentase 87% or 13 students from 15 students. Thus it can be concluded that the use of educational game bowlingnumbers can develop ability to know the concept of the numbers in early childhood at TK Cahaya Pekon Gunung Megang Tanggamus. Keywords: The Educational BowlingNumbers, Ability to Know The Concept of Child Numbers

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:32
Last Modified: 28 Jan 2022 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17440

Actions (login required)

View Item View Item