Pembelajaran pendidikan agama islam berwawasan multikultum pada Sman 1 Bumi Agung Kabupaten Way Kanan

Robangi, Munir (2017) Pembelajaran pendidikan agama islam berwawasan multikultum pada Sman 1 Bumi Agung Kabupaten Way Kanan. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (665kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (106kB) | Preview
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (828kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (160kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural berusaha memberdayakan siswa untuk mengembangkan rasa hormat kepada orang yang berbeda budaya, memberi kesempatan untuk bekerja bersama dengan orang atau kelompok orang yang berbeda etnis atau rasnya secara langsung. Pendidikan multikultural diselenggarakan dalam upaya mengembangkan kemampuan siswa dalam memandang kehidupan dari berbagai perspektif budaya yang berbeda dengan budaya yang mereka miliki, dan bersikap positif terhadap perbedaan budaya, ras, dan etnis bahkan agama. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuai dan menganalisis pembelajaran pendidikan agama Islam berwawasan multikultural pada SMAN 1 Bumi Agung Kabupaten Way Kanan yang dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode yaitu metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa: (1) Perencanaan yang telah disiapkan oleh guru PAI untuk kegiatan pembelajaran telah dilakukan dengan maksimal yaitu pembuatan silabus dan RPP serta penyesuaian materi yang akan disampaikan di sesuaikan dengan kurikulum yang digunakan. (2) Pelaksanaannya pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru PAI telah memilih strategi yang sesuai dengan keadaan siswa, menggunakan metode bervariasi, menggunakan media pembelajaran, menciptakan suasana yang menyenangkan, dan senantiasa bersikap terbuka kepada semua siswa termasuk kepada siswa yang non Islam untuk berdiskusi jika ada permasalahan yang ia hadapi serta menjadi panutan bagi semua siswa atas apa yang diajarkannya. (3) Evaluasi dari pembelajaran pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural adalah guru berusaha bersikap terbuka kepada semua siswa dan menciptakan komunikasi yang baik antara sesama siswa dan antara guru dan siswanya serta memberikan tugas kepada siswa dan ulangan siswa dengan pemberian nilai yang adil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:57
Last Modified: 30 Oct 2017 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1744

Actions (login required)

View Item View Item