ANALISIS KOMPETENSI KURIKULUM PRODI PERBANKAN SYARIAH UIN RADEN INTAN LAMPUNG DAN KESESUAIANNYA DENGAN KEBUTUHAN SDM DI BANK SYARIAH

FITRI, HANDAYANI (2022) ANALISIS KOMPETENSI KURIKULUM PRODI PERBANKAN SYARIAH UIN RADEN INTAN LAMPUNG DAN KESESUAIANNYA DENGAN KEBUTUHAN SDM DI BANK SYARIAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FITRI HANDAYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini meneliti tentang “Analisis Kompetensi Kurikulum Prodi Perbankan Syariah UIN Raden Intan Lampung dan Kesesuaiannya dengan Kebutuhan SDM di Bank Syariah”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah kompetensi kurikulum Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Raden Intan Lampung?; 2) Apa saja kompetensi SDM yang dibutuhkan oleh Bank Syariah?; 3) Bagaimanakah kesesuaian kompetensi kurikulum Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Raden Intan Lampung dengan kebutuhan SDM Bank Syariah?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian kompetensi kurikulum Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Raden Intan Lampung dengan kebutuhan Bank Syariah melalui kompetensi kurikulum Prodi Perbankan Syariah yang akan menghasilkan para lulusan yang mempunyai kompetensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penentuan objek penelitian diambil secara purposive sampling, salah satu teknik sampling non random sampling dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum yang telah diterapkan di Perbankan Syariah UIN Raden Intan Lampung sudah memenuhi standar dan telah sesuai dengan kebutuhan SDM di Bank Syariah. Dilihat dari proses menyesuaikan kompetensi kurikulum Prodi dengan standar kebutuhan Bank Syariah, Fakultas dan Prodi Perbankan Syariah melakukan berbagai hubungan kerjasama dengan Bank Syariah sehingga kurikulum KKNI S1 Prodi Perbankan Syariah UIN Raden Intan Lampung yang di tuangkan dalam bentuk mata kuliah siap menciptakan kompetensi utama dan kompetensi pendukung yang memenuhi kebutuhan SDM di Bank Syariah. Kata kunci: Kompetensi Kurikulum Prodi Perbankan Syariah FEBI UIN Raden Intan Lampung, Kesesuaian SDM, Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:24
Last Modified: 28 Jan 2022 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17437

Actions (login required)

View Item View Item