Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran fiqih di Mts Al-Hikmah Bandar Lampung

Aristi, Melisa (2017) Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran fiqih di Mts Al-Hikmah Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (587kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (414kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (342kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (513kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (233kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (330kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (22kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi profesional guru fiqih di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung dalam menguasai bahan pelajaran yang akan disampaikan sudah cukup baik, namun masih perlu di tingkatkan. Selain itu guru fiqih telah memiliki kemampuan dalam mengelola kelas, namun motivasi belajar siswa dalam menunjukkan minat terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan pembelajaran fiqih masih kurang maksimal, guru fiqih telah mengelola pembelajaran dengan baik , namun motivasi siswa dalam mengemukakan pendapat serta keuletan dalam menghadapi kesulitan-kesulitan belajar belum sepenuhnya berkembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi profesional guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang menekankan pada makna, penalaran, serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku objek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan pendekatan berfikir induktif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa khusus kemudian dari fakta-fakta yang khusus tersebut di tarik generalisasi-generalisasi yang mempunyai sifat umum. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kompetensi profesional guru dalam meningkatkan motivasi siswa mata pelajaran fiqih di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung sudah baik dalam hal menguasai landasan-landasan kependidikan, menguasai bahan pengajaran, mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menggunakan media, mengelola interaksi belajar mengajar, menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran. Motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran fiqih meningkat dalam hal ketekunan menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan-kesulitan belajar, menunjukkan minat terhadap macam-macam masalah, senang bekerja mandiri, sering mencari dan memecahkan soal-soal, tidak mudah melepaskan hal-hal yang sudah diyakini, dapat mempertahankan pendapatnya dengan adanya kompetensi profesional guru fiqih dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:47
Last Modified: 30 Oct 2017 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1743

Actions (login required)

View Item View Item