PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP KEMAMAPUAN NUMERIK DITINJAU DARI IQ SISWA

Fani, Sisco Predi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP KEMAMAPUAN NUMERIK DITINJAU DARI IQ SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FANI SISCO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP KEMAMAPUAN NUMERIK DITINJAU DARI IQ SISWA Oleh Fani Sisco Predi Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan namun pada kenyataannya matematika dianggap sangat sulit dan menakutkan oleh mayoritas peserta didik,. Tujuan dari penelitian ini adalah untung mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan numerik siswa, pengaruh IQ terhadapkemampuan numerik siswa, dan interaksi antara model pembelajaran RADEC dengan IQ terhadap kemampuan numerik siswa. Kemampuan numerik memiliki empat indikator diantaranya, perhitungan secara matematis, berfikir engan logis, pemecahan masalah, dan ketajaman pola-pola numerik. Binet Simon membuat pengklasifikasian IQ berdasarkan tingkatan yang disebut klasifikasi IQ Binet-Simon yaitu : genius,sangant cerdas, cerdas, di atas rata-rata, rata-rata, di bawah rata-rata, bodoh, moron, dan idiot. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control. Populasi dalam penelitian ini adalah selurus siswa kelas XI SMAN 3 Tulang Bawang Tengah tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik Cluster Rondom Sampling, diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI PS 1 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen soal posttest. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh kemampuan numerik antara model pembelajaran RADEC dan pembelajaran konvensional. 2) ada pengaruh antara siswa yang memiliki IQ cerdas, di atas rata-rata, dan rata-rata, terhadap kemampuan numerik siswa. 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran RADEC dengan IQ terhadap kemamuan numerik siswa. Kata kunci : Kemampuan Numerik, Model Pembelajaran RADEC, Tingkatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:03
Last Modified: 27 Jan 2022 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17421

Actions (login required)

View Item View Item