Peran guru dan orang tua terhadap pembinaan akhlak siswa Sd Negri 05 Tirta Kencana Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2015/2016

Suryani, Suryani (2017) Peran guru dan orang tua terhadap pembinaan akhlak siswa Sd Negri 05 Tirta Kencana Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (584kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (923kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (234kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (338kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (214kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (27kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (87kB) | Preview

Abstract

Suryani, Peran Guru Dan Orang Tua Terhadap Pembinaan Akhlak Siswa SD Negeri 05 Tirta Kencana Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2015/2016 Latar belakang penelitian ini adalah siswa sering kali terjebak pada pergaulan bebas, melakukan sifat tercela, sehingga tidak punya harapan untuk masa depan lebih baik lagi. Siswa SD Negeri 5 Tirta Kencana dapat mengatasi masalah tersebut terhadap siswanya dalam pembinaan akhlak dengan membiasakan siswa untuk menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), tadarusan, infaq, shalat dhuha, shalat berjama’ah dan shalat jum’at disekolah. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan melihat dari sisi peran guru PAI dalam membina akhlak siswa Siswa SD Negeri 5 Tirta Kencana. Adapun rumusan masalah yang diangkat untuk diteliti yaitu: bagaimana Pengaruh Guru Pendidikan Islam terhadap ahlak siswa SD Negeri 5 Tirta Kencana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Siswa SD Negeri 5 Tirta Kencana. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mengurangi, mendisplay, dan kemudian menyimpulkan dengan data yang diperoleh. Dalam penarikan kesimpulan, penulis menggunakan analisi data induktif karena ditekankan untuk meneliti kasus-kasus yang diperoleh menjadi teori baru. Proses berfikirnya dilakukan dengan cara menarik kesmipulan diakhir peristiwa dan fakta-fakta. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan dalam pembinaan akhlak siswa SD Negeri 5 Tirta Kencana adalah siswa terbiasa untuk menerapkan 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), tadarusan, infaq, shalat dhuha, shalatberjama’ah dan shalat jum’at di sekolah. (2) peran guru PAI dalam membina akhlak siswa SD Negeri 5 Tirta Kencana adalah guru PAI menjadi sosok sebagai pembimbing bagi anak didiknya, sosok keteladanan bagi anak didiknya dan sosok pengawas bagi anak didiknya, sehingga siswa terdidik dan dapat diperhatikan akhlak sehari-harinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:40
Last Modified: 30 Oct 2017 02:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item View Item