PENGARUH MODEL STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR DESAIN DIDAKTIS TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIRKRITIS DAN BERFIKIR KREATIF

SITI, ROHENI (2022) PENGARUH MODEL STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR DESAIN DIDAKTIS TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIRKRITIS DAN BERFIKIR KREATIF. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI ROHENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berfikir kritis dapat diartikan sebagai aktivitas intelektual yang menekan keterampilan merumuskan, menganalisis, dan mengevaluasi masalah. berfikir kreatif merupakan berfikir yang bersifat asli dan reflektif, dengan melibatkan ide-ide baru untuk mendapatkan hasil yang baru. Berdasarkan hasil wawancara yang telah diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis dan kreatif peserta didik di SMP Darul Falah Bandar Lampung masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) menggunakan bahan ajar desain didaktis terhadap kemampuan berfikir kritis dan berfikir kreatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Darul Falah Bandar Lampung, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova dengan taraf signifikan 0,05 dan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) menggunakan bahan ajar desain didaktis terhadap kemampuan berfikir kritis da. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) menggunakan bahan ajar desain didaktis terhadap kemampuan berfikir kreatif. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) menggunakan bahan ajar desain didaktis terhadap kemampuan berfikir kritis dan berfikir kreatif. Kata Kunci : Model Pembelajaran STEM, Menggunakan Bahan Ajar Desain Didaktis, Kemampuan Berfikir Kritis, Berfikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:13
Last Modified: 27 Jan 2022 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17417

Actions (login required)

View Item View Item