INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG

Nisa, Lailatul Fitri (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (772kB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan karakter merupakan tawaran yang positif dalam mengatasi krisis moral yang telah melanda generasi muda khususnya kalangan pelajar. Oleh karenanya internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di lembaga pendidikan merupakan suatu keharusan. Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia yang merupakan solusi cerdas dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter baik melalui kurikulum formal maupun non formal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Bagaimana Internalisasi Nilai-nilai Karakter Peserta Didik pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 5 Bandar Lampung Kec. Sukarame Kota Bandar Lampung. 2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Internalisasi Nilai-nilai Karakter Peserta Didik pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 5 Bandar Lampung Kec. Sukarame Kota Bandar Lampung. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilakukan di MIN 5 Bandar Lampung, dengan menggunakan penelitian diskriptif kulaitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi (pengecekan data). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data (memilah data), display data (penyajian data) dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Kajian ini menghasilkan temuan yaitu: Internalisasi nilai-nilai karakter MIN 5 Bandar Lampung terurai dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru sebagai tahap transformasi nilai, dan komunikasi dua arah seusai materi disampaikan terjalin interaksi antara guru dan peserta didik maka disebut dengan tahap transaksi nilai, serta perilaku guru yang dilihat peserta didik menyesuaikan apa yang telah diajarkannya dan mampu dicontoh oleh peserta didik merupakan tahap transinternalisasi nilai, melalui tahap-tahap tersebut internalisasi nilai tersalurkan dan terakomodir dengan baik, nilai�nilai yang terinternalisasikan meliputi delapan belas nilai-nilai karakter yang terfokuskan pada 5 karakter saja yaitu, religius, jujur, disiplin, peduli lingkungan, dan peduli sosial yang terinternalisasikan dalam pembelajaran akidah akhlak di dalam kelas, diluar kelas dan dalam aspek pembiasaan. Dalam penelitian ini ditemukan nilai yang dominan dalam pembelajaran akidah akhlak di MIN 5 Bandar Lampung yaitu nilai religius juga nilai Peduli sosial. Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Pembelajaran Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:03
Last Modified: 27 Jan 2022 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17416

Actions (login required)

View Item View Item