PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS KAHOOT PESERTA DIDIK KELAS VII

ANGGI, NURMAHALLANI (2022) PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS KAHOOT PESERTA DIDIK KELAS VII. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANGGI NURMAHALLANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kuis interaktif ialah suatu aplikasi dalam bentuk soal ataupun pertanyaan yang memungkinkan peserta didik untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuannya secara mandiri. Berdasarkan dari hasil angket kebutuhan didapat bahwa guru belum memanfaatkan kuis interaktif dalam pengambilan nilai pada peserta didik. Dalam pengambilan nilai guru masih menggunakan metode konvensional berupa paper test (kertas). Sehingga dibutuhkannya kuis interaktif yang dapat mempermudah peserta didik dalam mengerjakan soal. Dengan semakin berkembangnya alat teknologi dalam dunia pendidikan, peneliti mengembangkan kuis interaktif yang sudah ada yaitu menggunakan aplikasi Kahoot dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekolah ialah ketersediaan komputer serta jaringan Wi-Fi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan kuis interaktif menggunakan aplikasi Kahoot serta bagaimana respon peserta didik terhadap kuis interaktif yang akan dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi: Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Implementasi (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Data penelitian diperoleh dengan metode wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran matematika ini termasuk dalam kategori “valid” dengan nilai rata skor tertinggi 4,00. Dan hasil penelitian berdasarkan angket respon skala kecil sebesar 3,32 dan uji skala besar 3,41 dari rata-rata skor tertinnggi 4,00. Kualitas keefektifan produk dilihat dari tes hasil belajar. Hasil penelitian dan pengolahan data menggunakan uji N-gain dengan hasil rata-rata sebesar 0,59 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kuis interaktif berbasis kahoot pada materi himpunan yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci : Kuis Interaktif, Kahoot, Himpunan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:27
Last Modified: 27 Jan 2022 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17412

Actions (login required)

View Item View Item