PENERAPAN BRAIN BASED LEARNING DENGAN METODE WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

HESTI, YUNIWATI (2022) PENERAPAN BRAIN BASED LEARNING DENGAN METODE WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI HESTI YUNIWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis siswa MTs Assyifa Karang Sari Lampung Selatan, disebabkan karena banyak siswa hanya mengetahui rumus tetapi tidak penerapan konsep. Berpikir kreatif juga rendah karena kurangnya memberi kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh brain based learning dengan metode whole brain teaching secara simultan terhadap kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis siswa; (2) pengaruh brain based learning dengan metode whole brain teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (3) pengaruh brain based learning dengan metode whole brain teaching terhadap berpikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experimental Design. Design yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Assyifa Karang Sari Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Teknik sampel yang digunakan pada penelitia ini adalah kelas acak. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis dalam bentuk essai. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas yaitu uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas yaitu uji Box’M. Uji hipotesis menggunakan uji MANOVA hasil penelitian ini menunjukkan: (1) brain based learning dengan metode whole brain teaching berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis secara simultan; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran brain based learning dengan metode whole brain teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep; (3) terdapat pengaruh model pembelajaran brain based learning dengan metode whole brain teaching terhadap berpikir kreatif matematis. Kata Kunci : Brain Based Learning, Metode Whole Brain Teaching, Kemampuan Pemahaman Konsep, Berpikir Kreatif Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:29
Last Modified: 27 Jan 2022 02:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17406

Actions (login required)

View Item View Item