IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG

MOHAMMAD, HENDRA FAUZAN (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (662kB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD FAUZAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan mutu pendidikan dapat dilihat dari pengelolaan manajemen pendidikan dan peningkatan mutu sekolah/madrasah melalui sistem penjaminan mutu pendidikan, karena manajemen pendidikan yang berkualitas akan memungkinkan tercapainya pendidikan secara efektif dan efisien. Upaya agar manajemen pendidikan meningkat dan berjalan maksimal bukan hanya dilakukan oleh satu pihak melainkan semua pihak yang terkaitdalampengelolaanpendidikan.Karenabanyakfaktor yang harus dipertimbangkan dalam hal ini membutuhkan komitmen bersama baik pemerintah, masyarakat, guru dan para stakeholder pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (kualitatif research). Sumber data yang digunakan, yaitu sumber data primer dansumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode 1) wawancara(interniew) semiterstruktur, 2) observasi (observation) dan 3) dokumentasi. Pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan peneliti yaitu triangulasi sumber.Teknik analisa data menggunakan model Miles dan Huberman yang terangkum dalam pengumpulan data (data collection),reduksi data ( data reduction), penyajian data (data display), kesimpulan dan verivikasi data (conclusion drawing dan verifying). Hasil penelitian ini adalah: 1) perencanaan mutu pendidikan di Madrasah IbtidaiyahNegeri 5 Bandar Lampung mengacu pada 8 standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah sesuai dengan undang-undang. 2)pelaksanaan mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung diadakan oleh kemenag dari tingkat Kota, Provinsi sampai pusat sesuai dengan Standar Operating Prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya. 3) evaluasi mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung diadakan oleh pihak Madrasah, pelaksanaan evaluasi secara rutin; yakni a) pemeriksaan pemantauan harian yang dilakukan oleh pimpinan Madrasah, b) pemantauan masukan dari wali murid melalui komite, c) pemeriksaan pemantauan melalui monitoring mingguan oleh pengawasan Madrasah, d) evaluasi bulanan oleh Kamad dan Ka. TU, serta monitoring Penmad Kota, e) penilaian tahunan melalui PKG. 4) hasil atau tindak lanjut mutu madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri5 Bandar Lampung yakni tindak lanjut dari segala kekurangan evaluasi akan diadakan perbaikan secara maksimal. Kata Kunci :Manajemen, PeningkatanMutu, Pendidikan iii ABSTRACT Management of education quality can be seen from the management of education management and improving the quality of schools/madrasahs through an education quality assurance system, because quality education management will enable the achievement of education effectively and efficiently. Efforts to improve education management and run optimally are not only carried out by one party but all parties involved in the management of education. Because there are many factors that must be considered, this requires a joint commitment from the government, the community, teachers and education stakeholders. This research uses a qualitative approach (qualitative research). The data sources used are primary data sources and secondary data sources. Data collection techniques were carried out through the methods of 1) semi-structured interviews, 2) observation and 3) documentation. Checking the validity of research data using triangulation technique. The triangulation used by the researcher is source triangulation. The data analysis technique uses the Miles and Huberman model which is summarized in data collection (data collection), data reduction (data reduction), data presentation (data display), conclusions and data verification (conclusion drawing and verifying). . The results of this study are: 1) education quality planning at Madrasah IbtidaiyahNegeri 5 Bandar Lampung refers to 8 National Education standards that have been set by the Government in accordance with the law. 2) the implementation of madrasah quality at Madrasah IbtidaiyahNegeri 5 Bandar Lampung is held by the Ministry of Religion from the City, Province to the central level in accordance with the Standard Operating Procedures that have been previously established. 3) evaluation of the quality of madrasas at Madrasah IbtidaiyahNegeri 5 Bandar Lampung is carried out by the Madrasah, the evaluation is carried out regularly; namely a) daily monitoring checks carried out by Madrasah leaders, b) monitoring inputs from student guardians through committees, c) monitoring checks through weekly monitoring by Madrasah supervisors, d) monthly evaluations by Kamad and Ka. TU, as well as monitoring of City Government Administration, e) annual assessment through PKG. 4) the results or follow-up to the quality of madrasas at Madrasah IbtidaiyahNegeri 5 Bandar Lampung, namely the follow-up of all evaluation deficiencies, will be carried out for maximum improvement. Keywords: Management, Quality Improvement, Education

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:45
Last Modified: 26 Jan 2022 07:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17402

Actions (login required)

View Item View Item