PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT ACTIVITY COOPERATIVE EXERCISE (PACE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA

DEWI, KHUSUMA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT ACTIVITY COOPERATIVE EXERCISE (PACE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Dewi Khusuma.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan bagian yang penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs Ma‟arif NU 14 Sidorejo masih rendah. Hal tersebut dikarenakan kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran, sehingga diperlukan inovasi baru untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Ma‟arif NU 14 Sidorejo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Teknik pengambilan sampel menggunakan kelas acak kelas. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self efficacy. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Dari hasil analisis diperoleh nilai P-value = 0,000 < 0,05, sehingga ditolak, nilai P�value = 0,309 > 0,05 sehingga diterima, nilai P-value = 0,547 > 0,05 sehingga diterima. Berdasarkan kajian teori dan dari perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (2) tidak terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE) dengan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Activity Cooperative Exercise (PACE) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2022 05:06
Last Modified: 26 Jan 2022 05:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17400

Actions (login required)

View Item View Item