PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

ANGGUN, PUJI NURJANAH (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ANGGUNPN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA Pemahaman konsep yang baik akan mempermudah peserta didik menerima dan mengaplikasikan pada memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Era teknologi pemahaman konsep penting agar dapat menyesuaikan perkembangan zaman. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui eksperimentasi model pembelajaran e�learning berbantuan aplikasi Quizizz terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari Motivasi Belajar di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas 8 MTs Negeri 2 Bandar Lampung dengan Pembelajaran Matematika SMP, teknik pengambilan sampel cluster random sampling, sampel yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Pengumpulan data diperoleh dari instrumen tes, angket Motivasi Belajar dan Observasi. Teknik yang digunakan uji anova dua jalan dengan metode Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan homogeneity of variances untuk uji homogenitas. Hasil analisis data, kedua kelompok tersebut normal dan homongen dilanjutkan uji anova dua jalan. Hasil hipotesis pertama Terdapat pengaruh model pembelajaran e�learning berbantuan aplikasi Quizizz terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Hasil hipotesis kedua terdapat pengaruh pada hasil akhir kemampuan pemahaman konsep matematis dari peserta didik yang memiliki kategori motivasi tinggi, sedang, dan rendah terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi Relasi dan Fungsi. Hasil hipotesis ketiga tidak terdapat interaksi antara e-learning berbantuan aplikasi Quizizz dengan kategori motivasi peserta didik terhadap pemahaman konsep matematis. Kata Kunci : e-learning (google classroom), aplikasi Quizizz, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:50
Last Modified: 26 Jan 2022 04:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17399

Actions (login required)

View Item View Item