ROBIYATI, Robidin (2022) KERJASAMA ORANG TUA DAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN IBU SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Kerjasama orang tua dengan guru merupakan suatu usaha atau kegiatan bersama antara orang tua dengan guru dalam mencapai tujuan bersama yaitu untuk mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung, kemampuan kemandirian anak merupakan kemampuan anak untuk melakukan kegiatan dan tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahap perkembangannya. Kemampuan kemandirian anak dalam tahap berkembang sesuai harapan. Dikarenakan adanya kerjasama yang baik antara kedua belah pihak yaitu orang tua anak dengan guru di sekolah hal ini menyebabkan perkembangan kemandirian anak bisa dikatakan maksimal. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemandirian anak melalui kerjasama antara guru dan orang tua. Peneliti ini menggunakan subjek guru dan orang tua serta 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan Uji keabsahan menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat peneliti simpulkan bahwa kerjasama orang tua dan guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung sudah dilaksanakan dengan optimal. Dari pengamatan tersebut terdapat 0 anak belum berkembang dengan persentase 0%, 4 anak mulai berkembang dengan persentase 33,3%, 5 anak berkembang sesuai harapan dengan persentase 41,7%, dan 3 anak berkembang sangat baik dengan persentase 25%. Adapun kerjasama yang dilakukan orang tua dan guru dalam mengembangkan kemandirian anak yaitu bekerjasama berupaya dengan cara (1) mendorong anak untuk melakukan kehuatan sehari-hari sendiri, (2) memberi kesempatan kepada anak untuk mengambil keputusan sendiri, (3) memberi kesempatan kepada anak untuk bermain sendiri, (4) mendorong anak untuk mengatur jadwal sendiri, (5) memberi tanggung jawab kepada anak dan konsekuensinya apabila tidak mematuhi. Kata Kunci : Kerjasama Orang Tua dan Guru, Kemandirian anak iii ABSTRACT The collaboration between parents and teachers is a joint effort or activity between parents and teachers in achieving a common goal, namely to develop the independence of early childhood in in Kindergarten Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung, the ability of children’s independence is the child’s ability to carry out daily activities and tasks on their own. or with a little guidance, according to the stage of development. The ability of children’s independence in the stage of developing according to expectations. due to good cooperation between the two parties, namely the child’s parents and teachers at the school, this causes the development of children’s independence to be said to be maximal. This research method is descriptive qualitative which aims to determine the development of children’s independence through collaboration between teachers and parents. this researcher used the subject of teacher and parents as well as 12 students. Data collection techniques using observation, interview, and documentation. The data analysis techniques used is data reduction, data display, and drawing conclusions. The validity test uses triangulation. Based on the results of the study, the researcher can conclude that the cooperation of parents and teachers in developing the independence of early childhood in kindergarten Harapan Ibu Sakarame Bandar Lampung has been carried out optimally. From observations, there were 0 children who had not developed with a percentage 0%, 4 children began to develop with a percentage 0f 33,3%, 5 children developed as expected with a percentage of 41,7%, and 3 children developed very well with a percentage of 25%. The cooperation carried out by parents and teachers in developing children’s independence is working together by (1) encouraging children to do their own daily activities, (2) providing opportunities for children to make their own decisions, (3) providing opportunities for children to make decisions on their own, playing alone, (4) encouraging children to set their own schedule, (5) giving responsibility to children and the consequences if they do not comply. Keywords:Parentand Teacher Cooperation, Children’s Independence
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 04:24 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 04:24 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17391 |
Actions (login required)
View Item |