PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID BERBANTU SOFTWARE CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

RIZKI, ARMANTO (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID BERBANTU SOFTWARE CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi RIZKI ARMANTO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajara berbasis android berbantu software construct 2 pada materi peluang untuk siswa SMP kelas VIII. Metode yang digunakan pada penelititian ini adalah R&D (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu: (1) analysis (Analisis), meliputi: analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa, dan analisis kurikulum, (2) design (Perencanaan), meliputi : pembuatan prototipe, menentukan materi, membuat instrumen, (3) development (Pengembangan), meliputi : pengembangan produk, validasi ahli materi, dan ahli media, (4) implementation (Implementasi), meliputi : penerapan media pada peserta didik, memberikan soal posttest, memberikan angket respon, (5) evaluation (Evaluasi). Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran matematika tingkat SMP dengan software Construct 2 berbasis android mendapat nilai para ahli materi berupa persentase yaitu sebesar 85,3% dengan kriteria “sangat layak ,dan ahli media 75% dengan kriteria “layak”. Adapun hasil penelitian respon peserta didik di SMP Amal Bakti dengan uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 88% dengan kriteria “sangat menarik” dan uji coba kelompok besar diperoleh persentse 95% dengan kriteria “sangat menarik”. Sedangkan uji coba di SMP Negeri 3 Jati Agung pada kelompok kecil diperoleh persentase 90% dengan kriteria “sangat menarik”, dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase 89% dengan kriteria “sangat menarik” sehingga dapat dikategorikan sangat baik dan telah memenuhi kualifikasi valid. Dengan kata lain, media yang dikembangkan dalam penelitian ini dinilai layak dan sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: Game Edukasi android, construct 2, media pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:11
Last Modified: 26 Jan 2022 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17389

Actions (login required)

View Item View Item