ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP KINERJA KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM MENGATASI GOLONGAN PUTIH (GOLPUT)PADA PILPRES 2019 (Studi KPU Kota Bandar Lampung)

Hendri, Apriansyah (2022) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP KINERJA KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM MENGATASI GOLONGAN PUTIH (GOLPUT)PADA PILPRES 2019 (Studi KPU Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Hendri Apriansyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga independen dalam sistem ketatanegaraan indonesia berinovasi dengan meluncurkan pusat pendidikan pemilih yang bertugas memberikan pendidikan politik sejak dini. KPU Kota Bandar Lampung memiliki strategi untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Perumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kinerja KPU Kota Bandar Lampung dalam mengatasi golput pada Pilpres tahun 2019 serta bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap kinerja KPU Kota Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja KPU Kota Bandar Lampung dalam mengatasi golput pada Pilpres 2019 serta untuk mengetahui pandangan fiqih siyasahnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian pustaka (Library research). Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer yang dikumpulkan melalui obserbasi, wawancara, dan dokumentasi, data yang telah dikumpulkan diolah dan dianalisis secara deskriftif kualitatif yaitu menyajikan data secara rinci sehingga dapat diperoleh gambaran akan suatu penjelasan dan kesimpulan yang memadai. Hasil penelitian yang di dapat adalah Kinerja KPU Kota Bandar Lampung dalam mengatasi golput belum sepenuhnya terealisasikan dengan baik. Dilihat dari hasil penelitian yang dilakukan penulis ada beberapa faktor penyebab terjadinya golput yaitu masih kurangnya sosialisasi yang dilakukan khususnya pemula, tidak mendapatkan formulir c6 atau undangan pemilih, rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap pemimpin. Faktor penyebabnya terjadi nya golput bukan hanya dari KPU nya saja akan tetapi dari masyarakat itu sendiri. Masih banyak nya masyarakat yang malas memberikan hak pilihnya. Akan tetapi dengan adanya kinerja KPU Kota Bandar Lampung adanya penurunan angka golongan putih (golput) sebesar 7% dari tahun sebelumnya. Dalam Siyasah Dusturiyah terhadap sikap KPU Kota Bandar Lampung dalam pilpres 2019 yakni kaidah-kaidah yang ada dalam konsep ahlul hali wal aqdi belum sepenuhnya di terapkan oleh KPU kota Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:53
Last Modified: 26 Jan 2022 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17384

Actions (login required)

View Item View Item