KHULUK DAN AKIBAT HUKUMNYA MENURUT KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi Atas Putusan Pengadilan Agama Kelas I A Tanjung Karang) Nomor :0765/Pdt.G/2017/PA.Tnk.

AYU, DWI LESTARI (2022) KHULUK DAN AKIBAT HUKUMNYA MENURUT KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi Atas Putusan Pengadilan Agama Kelas I A Tanjung Karang) Nomor :0765/Pdt.G/2017/PA.Tnk. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_AYU DWI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Khuluk adalah perceraian yang terjadi atas permintaan istri dengan memberikan tebusan atau iwadh atas dasar persetujuan suaminya, adapun pensyari’atannya telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Khuluk adalah pemberian hak yang sama bagi wanita untuk melepaskan diri dari ikatan perkawinan yang dianggap sudah tidak ada lagi kemaslahatan dalam perkawinan tersebut. Adapun khuluk bertujuan untuk mencegah kesewenang-wenangan suami terhadap hak talaknya kepada istri, dan juga untuk memberikan hak yang sama pada istri. Kompilasi Hukum Islam membedakan antara cerai gugat dengan khuluk. Namun demikian, cerai gugat dan khuluk mempunyai persamaan dan perbedaan di antara keduanya. Persamaannya adalah keinginan untuk bercerai datangnya dari pihak istri. Sedangkan perbedaannya, yaitu cerai gugat tidak selamanya membayar uang tebusan atau iwadh, sedangkan dalam khuluk, iwadh menjadi dasar terjadinya khuluk atau perceraian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apa pertimbangan hukum hakim Pengadilan Agama dalam memutus perkara cerai gugat akibat khuluk pada putusan Nomor: 0765/Pdt.G/2017/PA.Tnk dan bagaimana menurut Kompilasi Hukum Islam (KHI) terhadap perceraian karena khuluk pada putusan Pengadilan Agama tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa pertimbangan hakim Pengadilan Agama dalam memutus perkara cerai gugat akibat khuluk pada putusan Nomor:0765/Pdt.G/2017/PA.Tnk dan untuk mengetahui bagaimana menurut Kompilasi Hukum Islam (KHI) terhadap perceraian karena khuluk pada putusan Pengadilan Agama tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan suatu data dan informasi dengan wawancara dan pendataan yang berkaitan dengan lapangan yaitu Pengadilan Agama Kelas I A Tanjung Karang. Adapun yang menjadi pertimbangan hakim bahwa, dalil-dalil gugatan Penggugat telah memenuhi unsur-unsur alasan perceraian berdasarkan pasal 116 Kompilasi Hukum Islam dan alasan-alasan khulu’ yang dibenarkan syariat Islam. Di dalam Islam, jika suami merasa dirugikan dengan perilaku maupun kondisi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:11
Last Modified: 25 Jan 2022 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17374

Actions (login required)

View Item View Item