KOMUNIKASI VIRTUAL PENGGUNA GAME ONLINE MOBILE LEGENDS HEREUY SQUAD

Winarti, Soman (2022) KOMUNIKASI VIRTUAL PENGGUNA GAME ONLINE MOBILE LEGENDS HEREUY SQUAD. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Winarti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Game online merupakan salah satu gaya hidup yang baru. Bahkan Game Online dapat diunggah melalui smartphone. Salah satu game online yang sering dimainkan oleh banyak orang adalah Mobile Legends. Game online mobile legends menyediakan fitur komunikasi yang bisa dilakukan secara virtual oleh penggunanya. Adapun rumusan masalah yang menjadi fokus pada penelitian ini yaitu, (1) Bagaimana proses komunikasi virtual pengguna game online mobile legends? (2) Bagaimana komunikasi verbal pengguna game online mobile legends?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis kualitatif untuk memberikan informasi, fakta, dan data mengenai komunikasi virtual pengguna game online mobile legends hereuy squad. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik pengamatan (observasi) dan wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan tiga sub proses yang saling berhubungan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses komunikasi virtual yang ada pada squad hereuy berupa penyampaian pesan dari sebuah ide atau gagasan dari seseorang anggota yang diutarakan melalui chat room dan voice chat, kemudian ide tersebut diserap oleh anggota yang lain, sehingga timbullah berbagai feedback dan menyebabkan interaksi. Dalam artian, proses komunikasi tersebut memunculkan koordinasi antar anggota selama pertandingan berlangsung. Koordinasi tersebut memunculkan proses komunikasi horizontal, komunikasi dua arah, dan solusi dalam komunikasi virtual. (2) Bahwa komunikasi verbal yang digunakan pemain game online banyak mengandung bahasa kekinian dan bahasa kasar yang kurang baik. Penggunaan bahasa gaul dan kasar tersebut merupakan suatu elemen yang melekat dalam keseharian mereka. Bahasa kasar yang digunakan oleh pengguna game online hereuy squad tersebut bisa memunculkan pertikaian antar anggota squad itu sendiri. Kata Kunci: Model Komunikasi Virtual, Pengguna game online, Mobile legends iii ABSTRACT Online games are a new way of life. Even Online Games can be uploaded via smartphones. One of the online games that is often played by many people is Mobile Legends. Mobile legends online game provides communication features that can be done virtually by users. The formulation of the problem that is the focus of this research, namely, (1) How is the virtual communication process mobile legends online game users? (2) How is the verbal communication process for mobile legends online game users?. This study uses a descriptive method with qualitative analysis to provide information, facts, and data regarding the virtual communication model for users of the online game mobile legends HRY squad. Data collection techniques used by researchers are observation and interview techniques. The data analysis technique uses three interconnected sub-processes, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. The results of this study indicate that (1) The virtual communication process in the hereuy squad is in the form of delivering messages from an idea or idea prom member expressed though chat riims and voice chat, then the idea is absorbed by other members, so various feedbacks arise and cause interaction in a sense, the communication process raises coordination between members during the game. This coordination between members during the game. This coordination gives rise to a process pf horizontal communication, two-way communication, and solution in virtual communication. (2) that the verbal communication messages used by players contain a lot of contemporary language and bad language. The use of slang abd rude language is an element that inherent in their daily life. The harsh language used by users of the online game hereuy squad can lead to disputes between members of the squad itself. Key words: Virtual Communication Model, Online Game Users, Mobile Legends

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:02
Last Modified: 25 Jan 2022 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17373

Actions (login required)

View Item View Item