METODE PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK PERSPEKTIF ABDURRAHMAN AN NAHLAWI

Dea, Uswatun Hasanah (2022) METODE PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK PERSPEKTIF ABDURRAHMAN AN NAHLAWI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL DEA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK METODE PENDIDIKAN ISLAM BAGI ANAK PERSPEKTIF ABDURRAHMAN AN NAHLAWI Oleh: Dea Uswatun Hasanah Penelitian ini dilatarbelakangi dalam perkembangan dunia pendidikan saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat berdampak pada sebagian anak yang kurang tepat dalam bersikap ataupun penggunaannya. Saat ini dapat dilihat tengah terjadi berbagai krisis akhlak, etika dan moral pada kebanyakan anak. Jadi tidak heran jika pendidikanlah yang mendapat sorotan karena dimungkinkan kinerja yang kurang dalam pendidikan anak. pendidikan Islam mampu membentuk manusia yang lebih unggul secara intelektual, kaya dalam amal, serta anggun dalam moral dan kebijakan. Telah banyak pakar pendidikan Islam yang telah memunculkan teori-teori pendidikan dengan sudut pendang mereka masing-masing. Salah satu nya adalah Abdurrahman An Nahlawi. Pemikiran beliau tentang pendidikan Islam merupakan wujud dari kepeduliannya terhadap dunia pendidikan terutama terhadap anak-anak yang tertuang dalam karya beliau dalam bukunya yaitu Pendidikan Islam di keluarga, sekolah, dan masyarakat. Dalam buku tersebut membahas tentang bagaimana pendidikan Islam itu seharusnya dilakukan dalam mulai (rumah, sekolah, masyarakat). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research (penelitian pustaka). Sumber data primernya yaitu buku Pendidikan Islam di rumah, sekolah, dan masyarakat dengan judul asli Ushulut Tarbiyah Islamiyah wa Asalibiha Fil Baiti Wal Madrasati Wal Mujtama dan buku Prinsip-Prinsip dan metoda Pendidikan islam dengan judul asli Ushulut Tarbiyatil Islamiyah wa Asalibuha karya Abdurrahman An Nahlawi. Sedangkan sumber data sekundernya adalah buku-buku yang relevan dengan obyek pembahasan kajian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Dari penelitian yang penulis lakukan, bahwa pemikiran Abdurrahman An Nahlawi tentang Metode Pendidikan Islam diantaranya terletak pada tujuan, dasar, dan metode-metode. Dimana yang pertama tujuan pendidikan Islam, pendidikan Islam yaitu suatu pandangan kepribadian, atau pengembangan kemampuan, atau potensi yang perlu dikembangkan; peningkatan pengetahuan dari tidak tahu menjadi tahu, iii dari tidak mengerti menjadi mengerti, serta tujuan kearah mana peserta didik dapat mengaktualisasikan dirinya. Yang kedua dasar pendidikan Islam yang bersumber pada al-Qur’an dan as-Sunnah. Dan yang terakhir metode pendidikan Islam menurut Abdurrahman An Nahlawi yaitu suatu cara untuk mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan atau cara yang tepat dan cepat untuk meraih tujuan pendidikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dan metode pendidikan juga merupakan salah satu komponen pendidikan yang cukup penting untuk diperhatikan. Penyampaian materi dalam arti penanaman nilai-nilai pendidikan sering gagal karena cara yang digunakan kurang tepat. Salah satunya meliputi metode hiwar Qur’ani dan nabawi, metode kisah Qur’ani dan Nabawi, dan lain-lain. Kata Kunci : Metode, Pendidikan Islam, anak, Abdurrahman An Nahlawi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:37
Last Modified: 25 Jan 2022 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17370

Actions (login required)

View Item View Item